Ini 5 Tips Aman Konsumsi Lemak Ala Kadis Kesehatan Enrekang

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24,Enrekang – Hari raya Idul Adha biasa diintentikkan dengan pesta daging. Hampir semua rumah menyajikan santapan dengan bahan dasar daging sapi atau kambing. Konsumsi daging sebagai menu utama lebaran Idul Adha, kadang menjadi momom bagi penderita kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan asam urat.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips jitu untuk menikmati hidangan tersebut tanpa takut ‘menderita’ yang diberikan oleh Kadis Kesehatan Enrekang dr Marwan Ganoko.

Menurutnya, makan daging bagi penderita diatas tidak perlu cemas.”Apalagi kita yang berada di daerah Enrekang karena beberapa makan bisa menurunkan kolsetrol sehingga aman untuk makan menu daging,” kata Marwan.

Berikut makanan penangkal kolesterol dari Kadis Kesehatan Enrekang :

1.Makan mentimun atau ketimun. Buah yang satu ini banyak mengandung air tinggi yang dapat menurunkan kolesterol dan beberapa vitamin serta mineral.

2.Sayur Kol atau kubis, sayuran ini hampir selalu ada di daerah Enrekang terutama di Duri Kompleks, Cakke, Baraka, Alla, Baroko, Masalle, Malua, Buntu Batu dan Curio sebagai penghasil sayur disamping banyak mengandung serat vitamin dan mineral yang efektif menurunkan kandung lemak yang sehingga colestrol tidak tinggal melainkan diekskresi dengan cepat.

3.Buah Anggur, karena mengandung pektin. Pektin merupakan serat larut yang menurunkan kolesterol.

4.Gandum karena merupakan unsur katalitik yang mengandung serat tinggi memecahkan lemak / kolesterol sehingga menurunkan kolesterol dalam menu yg kita makan.

5.Kacang-kacangan karena mengundung unsur serat sehingga dpt menurunkan kadar kolesterol.

Untuk itu, Marwan Ganoko mengatakan tidak perlu ragu untuk menikmati suasana Idul Adha dengan tetap bersyukur dan melakukan perilaku hidup sehat 5 tips sehat aman konsumsi lemak.