Kepada Maba Unibos, SYL Imbau Tinggalkan Sifat Kekanakan

Reporter :
Editor : Lucky
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Unibos
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Unibos

Online24, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, memberikan kuliah umum dihadap 1.200 mahasiswa baru Universitas Bosowa (Unibos) tahun ajaran 2017/2018 di Gedung Lestari, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (5/9/2017).

Dalam kuliah umumnya, Syahrul menghimbau para mahasiswa baru agar hidup mandiri dan meninggalkan sifat-sifat kekanak-kanakannya. “Kalian adalah anak-anak yang berintegritas, kalian harus menjadi dirimu sendiri. Kalian bukan lagi anak kecil, jadi kalian harus mandiri untuk menjadi mahasiswa yang kreatif,” katanya.

Selain itu, SYL juga memberikan beberapa tips menjadi pemimpin yang baik kepada mahasiswa baru yang dimulai dengan perubahan pola pikir.

“Kalau mau menjadi pemimpin, maka kalian harus keluar dari zona nyaman. Buatlah bangga orang tuamu hingga mampu mengharumkan nama baik bangsa dan negara. Maka rubahlah paradigmamu mulai hari ini,” ucapnya.

Menurutnya, peran pemuda sangat penting untuk membangun fondasi suatu negara. Karena negara-negara maju tidak cukup dengan hanya mengandalkan kecerdasan, tapi juga dibutuhkan kebersamaan.

“Kalau kalian masih menggunakan cara-cara kekanak-kanakan seperti yang kemarin saat kalian masih SMA maka kalian tidak akan mampu menjadi pemuda yang sesungguhnya. Maka siapkan lah diri untuk menjadi anak bangsa yang cerdas, karena kalian bukanlah anak yang biasa-biasa saja. Karena Indonesia besok akan dibangun oleh orang-orang hebat seperti kalian, aku, kamu dan kita semua,” ungkapnya.(*)