Eks Direktur RSUD Sawerigading Palopo Dituntut 3 Tahun Bui

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Ilustrasi. (kabarhukum)
Ilustrasi. (kabarhukum)

Online24, Makassar – Eks Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Kota Palopo, Kristofol Rudi Harto Bao, dituntut 3 tahun penjara, beserta denda Rp.75 juta subsider 6 bulan kurungan oleh Jaksa Penuntut Umum. Kristofol juga dibebani uang pengganti kerugian negara sebesar Rp.764 juta.

Jaksa Penuntut Umum, Nur Utami, dihadapan Majelis Hakim menuntut terdakwa terbukti bersalah dalam pasal 3 ayat 1 Jo Pasal 18 Undang-undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

“Terdakwa secara sah melakukan tindak pidana korupsi pada pengadaan alat kesehatan di rumah sakit umum daerah sawergading, meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman selama 3 tahun penjara, denda 75 juta rupiah subsider 6 bulan kurungan,” urai JPU.

Terdakwa dalam kasus ini selaku Pejabat Pembuat Komitmen berdasarkan surat dakwaan telah melakukan penggelembungan dana pada proyek pengadaan alat kesehatan dengan total anggaran Rp 29 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2013.

Selain itu, dalam pelaksaan pengadaan terdapat sejumlah alat kesehatan yang tidak sesuai spesifikasi dan belum diselesaikan.

Usai mendengar tuntutan jaksa, terdakwa bersama penasehat hukumnya akan menyampaikan nota keberatan atau pledoi pada sidang selanjutnya yang akan digelar pekan depan.