Parepare Jadi Terbaik Pertama Transparansi Pengelolaan Keuangan di Regional Sulawesi

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Yogyakarta – Masyarakat Parepare perlu merasa bangga terhadap penerimaan Penghargaan kategori indeks tansparansi pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2016 pada tingkat regional sulawesi.

Penghargaan ini atas kerjasama Univeraitas Gaja Mada (UGM) Jogjakarta dengan Kementerian Dalam Negeri. Parepare menjadi juara terbaik pertama ditingkat regional Sulawesi, menyusul juara kedua Gorontalo dan juara ketiga kota Makassar.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Program Studi Magister Akuntansi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta rektor UGM Jogjakarta Prof. DR. Abdul Halim, MBA, digedung Graha Sabha Pramana, UGM Jogjakarta, Kamis (7/9/2017)

Menurut, Abdul Halim, pada acara seminar Nasional dan peluncuran indeks keuangan daerah, dengan tema pengelolaan keuangan daerah dari WTP menuju pengelolaan keuangan yang sehat dan transparansi.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah Karena saat tim melakukan kajian secara independen dan profesional untuk mengkaji Pengelolaan keuangan daerah. Dimana Sejumlah daerah di Indonesia hanya 25 kabupaten/kota.

Mereka diantaranya, pulau Sumatra sebanyak 5 daerah, pulau Jawa sebanyak 5 daerah, pulau kalimantan sebanyak 3 daerah, pulau Sulawesi sebanyak 3 daerah (parepare perangkat pertama), pulau Papua dan Papua Barat sebanyak 3 daerah, pulau maluku dan maluku Barat sebanyak 3 daerah dan pulau Bali, NTT dan NTB sebanyak 3 daerah.

Mereka yang terpilih itu adalah merupakan daerah yang Pengelolaan keuangan pemerintahanya sehat Dan transparansi.”Mereka itu merupakan daerah Pengelolaan keuanganya sehat Dan transparansi,”jelasnya.

Walikota Parepare, DR. H. M Taufan Pawe, mengatakan jika penghargaan ini diberikan atas kerjasama dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga berhasil dan sukses menerima Penghargaan indeks tansparansi pengelola keuangan daerah.

Penghargaan ini kami dapat atas kerja keras tim work, dimana bentuk pengakuan secara nasional, dimana parepare sebagai kota Habibie yang dirasakan oleh masyarakat dalam Pembangunan infrastrutur fisiknya, juga organisasi pemerintahannya sangat baik.

Ada suatu dimensi yang kita banggakan yaitu Tata Kelolah pemerintahan yang transaparansi Dimana diakui secara nasional sehingga diberi pengakuan secara legalitas oleh Univeraitas ternama Di Jogjakarta adalah sangat transaparansi pengelola keuangan yang pertama Ditingkat regional Sulawesi.

Pemerintah yang baik (Good Governance) adalah pemerintah yang mampu mengelola kuangannya dengan transparansi.”Terimahkan Kasih kepada para OPD yang sudah bekerja secara tim work, termasuk kontrol dari teman-teman jurnalistik dalam pemeriksaan keuangan daerah,” tutur Taufan.