Pendaftaran CPNS Dibuka Hari Ini, Ada Kuota 17.926

Editor : Lucky

Seleksi penerimaan CPNS (foto: int/tirto.co.id)
Seleksi penerimaan CPNS (foto: int/tirto.co.id)

Online24, Jakarta – Setelah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) periode I untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Mahkamah Agung pada Agustus, hari ini, Senin (11/9/2017) pemerintah kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) periode kedua. Penerimaan ini terbuka sampai 25 September nanti.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka kuota sebanyak 17.928 posisi untuk mengisi jabatan di 30 kementerian, 30 lembaga, dan satu pemerintah provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Dilansir dari laman Tempo, pendaftaran pada penerimaan CPNS periode kedua ini dilakukan dalam empat tahapan utama. Pada tahapan pertama yaitu para pelamar terlebih dahulu harus mengakses portal resmi dari Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yaitu https://sscn.bkn.go.id.

Setelah masuk ke halaman utama portal, pelamar bisa memilih menu Pendaftaran dan mengisi sejumlah persyaratan yang diminta seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat e-mail aktif, password (kata sandi) untuk akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan.

Tahapan kedua, pelamar masuk ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan. Tahapan ketiga, pelamar harus mengisi sejumlah persyaratan seperti biodata lengkap, instansi beserta formasi yang diinginkan, lalu mengunggah sejumlah dokumen yang diminta. Barulah kemudian pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2017.

Pelamar hanya diperbolehkan untuk mengisi satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan masing-masing pada satu instansi dan dalam satu periode.

Lalu pada tahapan keempat, pelamar melakukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing instansi. Peserta diwajibkan untuk melampirkan fotokopi Kartu Pendaftaran SSCN untuk proses verifikasi.

Setelah semua tahapan selesai, tim verifikator dari masing-masing instansi akan mengecek setiap berkas yang dikirimkan oleh pelamar.
Informasi status pelamar bisa diakses kembali di situs BKN yaitu https://sscn.bkn.go.id. Bagi pelamar yang lolos untuk bagian ini, akan dilanjutkan ke tahap seleksi CAT (Computer Assisted Test) BKN.

Informasi lebih lengkap terkait dengan persyaratan pendaftaran CPNS dan jadwal sudah dapat diakses sejak Selasa tanggal 5 September 2017 pukul 23.00 WIB di portal resmi Kementerian PANRB www.menpan.go.id, portal BKN: https://sscn.bkn.go.id serta situs Kementerian atau Lembaga yang bersangkutan.

Khusus untuk portal www.menpan.go.id, pelamar bisa memilih menu Info CPNS Nasional Periode II untuk mengetahui persyaratan yang lebih detail dan daftar kementerian yang membuka lowongan.(*)