Enam Klub Premier League Kuasai Daftar Tim Termahal Dunia

Editor : ifan Ahmad

Sadio Mane menendang wajah kiper Manchester City, Ederson, yang membuatnya mendapat kartu merah (Foto: EPA)
Sadio Mane menendang wajah kiper Manchester City, Ederson, yang membuatnya mendapat kartu merah (Foto: EPA)

Online24, Swiss – Enam perwakilan klub Premier League Inggris menguasai 10 besar daftar tim termahal dunia yang dirilis oleh CIES Football Observatory, sebuah grup riset independen asal Swiss yang fokus pada studi sepakbola. Rilis itu berdasarkan aktivitas transfer masing-masing klub.

Raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City memuncaki daftar ini dengan nilai rekor € 853 juta dalam biaya transfer untuk merakit skuadnya saat ini. Rival sekota City, Manchester United, menduduki peringkat ketiga. Bahkan, enam dari sepuluh besar skuat termahal merupakan tim asal Inggris. Selain duo Manchester, berturut-turut terdapat Chelsea (4), Liverpool (8), Arsenal (9), dan Tottenham Hotspur (10).

Total biaya transfer transfer Manchester City untuk membentuk skuadnya naik sebesar € 242m dibandingkan dengan bulan September 2016. Kenaikan ini bahkan lebih besar dibanding Paris St-Germain. Klub kaya Prancis itu total telah membelanjakan €395 juta di musim panas ini, yakni €222 juta untuk Neymar dan €180 untuk Kylian Mbappe.

Manchester United “hanya” € 66m lebih tinggi dari satu tahun yang lalu, sementara juara Liga Champions Real Madrid turun sebesar € 138m. Juventus menjadi satu-satunya wakil Italia dalam daftar sepuluh besar skuat termahal ini dengan duduk di urutan ketujuh. Sementara raksasa Jerman Bayern Munich hanya menduduki peringkat ke-11.

Keenam tim Inggris terbesar berada di posisi sepuluh peringkat teratas. Nilai gabungan per liga adalah € 5,7 miliar untuk Liga Primer (rata-rata € 287m per tim, + 28% dibandingkan tahun sebelumnya), € 2,4 miliar untuk Serie A (€ 122m per tim, + 26%), € 2,2 bn untuk Liga (€ 110m per tim, + 9%), serta € 1.9bn untuk Bundesliga (€ 107m per tim, + 19%) dan Ligue 1 (€ 93m per tim, + 78%). (*)