Terbukti Korupsi, Mantan Kepsek SMA 5 Divonis 1 Tahun Penjara

Editor : Asri Muhammad
Terbukti Korupsi, Mantan Kepsek SMA 5 Divonis 1 Tahun Penjara
Terbukti Korupsi, Mantan Kepsek SMA 5 Divonis 1 Tahun Penjara

Online24, Makassar – Mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Makassar Yusran, dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi, pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016 oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Makassar, Selasa (12/09/2017).

Majelis Hakim yang diketuai Bonar Harianja, menjatuhkan vonis 1 tahun penjara beserta denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan kepada terdakwa, serta mewajibkan uang sebesar Rp 70juta yang disita penyidik sebagai uang pengganti bagi keluarga siswa yang dirugikan.

“Menyatakan terdakwa secara sah melakukan tindak pidana korupsi dan menjatuhkan hukuman penjara selama 1 tahun dipotong dengan masa tahanan yang telah dijalani,” ungkap Bonar saat memimpin sidang putusan.

Berdasarkan putusan Majelis Hakim, Yusran terbukti melanggar pasal 11 Jo Pasal 18 Undang-undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana.

Putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim kepada terdakwa lebih ringan dari tuntutan yang diajukan oleh jaksa, yakni 1 tahun 6 bulan penjara.

Usai mendengar putusan, Majelis Hakim memberi kesempatan kedua pihak untuk berpikir dalam mengambil langkah hukum banding jika keberatan atas putusan yang dijatuhkan oleh Hakim.