Halimah Yacob, Presiden Wanita Pertama Singapura

Editor : Asri Muhammad

Halimah Yacob, terpilih sebagai Presiden Singapura. Dirinya menjadi wanita pertama yang menjadi presiden di Singapura. (foto : fiqhislam.com)
Halimah Yacob, terpilih sebagai Presiden Singapura. Dirinya menjadi wanita pertama yang menjadi presiden di Singapura. (foto : fiqhislam.com)

Online24, Makassar – Setelah selama ini dipimpin oleh pria, kini Singapura untuk pertama kalinya akan dipimpin oleh seorang wanita. Sosok yang berhasil mengukir sejarah di Singapura itu adalah Halimah Yacob.

Untuk menjadi calon Presiden di Singapura, memang harus memenuhi kriteria yang cukup berat salah satunya mengisi posisi penting politik minimal 3 tahun. Sementara hanya Halimah yang mampu memenuhi kriteria tersebut, mengalahkan Farid Khan dan Salleh Marican.

Halimah dipastikan akan menjadi presiden setelah dirinya menjadi satu-satunya bakal calon presiden yang diloloskan Komite Pemilihan Singapura, yang akan bertarung pada hari pemilihan, Sabtu (23/9/2017) nanti. Namun, karena tidak memiliki lawan, maka Halima dipastikan menjadi presiden dan akan dilantik pada Rabu (13/9/2017) besok.

Selain menjadi Presiden perempuan pertama, Halimah Yacob akan menjadi pemimpin Singapura kedua yang berasal dari suku Melayu. Sekedar diketahui, pemilihan presiden di Singapura menganut amandemen konsitusi khsusu yang memastikan setiap suku berhak untuk menduduki jabatan tersebut. Untuk tahun ini, hanya warga Melayu yang berhak mencalonkan diri sebagai presiden. Singapura sendiri memiliki empat suku yaitu China, Melayu, India dan Others atau lain-lain.