401 Jemaah Haji Butta Panrita Lopi Tiba dengan Utuh

Editor : Lucky

Jamaah Haji Kloter 7 asal Bulukumba dan Makassar
Jamaah Haji Kloter 7 asal Bulukumba dan Makassar

Online24, MakassarAlhamdulillah. Itulah kata pertama yang keluar dari bibir para Jamaah Haji yang tergabung dalam Kloter 7 Debarkasi Haji Makassar saat pertama kali menginjakkan kaki kembali ke Asrama Haji Sudiang, Makassar, Selasa (12/9/21017).

Kloter 7 ini terdiri dari 455 jamaah haji dengan rincian asal makassar 49 orang dan Bulukumba 401 orang dan petugas haji Kloter 5 sebanyak 5 orang. Kloter 7 tiba pukul 10.09 Wita di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menggunakan Pesawat Garuda Indonesia.

“Alhamdulillah, semuanya kembali utuh seperti saat diberangkatkan 40 hari yang lalu,” ujar petugas Kloter 7, Sahawi.

Jamaah Haji Kloter 7 sudah memakai pakaian kebesaran Haji dan Hajjah khas Bugis Makassar. Dari bandara, mereka diangkut menggunakan Bus Damri menuju Asrama Haji Sudiang untuk mengikuti prosesi penerimaan oleh PPIH Provinsi Sulsel. Setelah itu, diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan Kota Makassar.

Kabid PAIS yang juga Mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bulukumba, Muhammad Rasbi, diamanahkan untuk menyerahkan Jamaah Kloter 7 kepada Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto.

Tampak hadir menyertai dan mendampingi Wakil Bupati adalah Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba, Andi Hamzah Pangki; Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, Ali Yafid; serta Ketua Komisi D dan E DPRD Bulukumba.

Pada kesempatan penerimaan Jamaah Haji itu juga dimanfaatkan oleh Muhammad Rasbi untuk berpamitan dan mohon maaf serta terima kasih kepada seluruh masyarakat, pemerintah, dan seluruh kalangan di Kabupaten Bulukumba. Ia juga meminta masyarakat agar mendukung dan membantu sepenuhnya Ali Yafid selaku Kepala Kantor Kemenag yang baru.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Tomi Satria, dalam sambutannya menyampaikan kesyukurannya karena jamaah haji kloter 7 ini kembali utuh. Menurutnya, ini berkat doa semua keluarga, masyarakat Bulukumba dan Kota Makassar.

Olehnya itu, Kata Tomi, berkah ini harus disyukuri dalam bentuk perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik serta mampu memperlihatkan sekaligus menularkan nilai kemabruran hajinya di tengah keluarga dan masyarakat.

“Terima kasih dan penghargaan kepada PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar serta para petugas yang menyertai Kloter 7 atas dedikasi dan pelayanannya kepada jemaah haji kita. Hanya Allah yang mampu membalas segala upaya dan kerja keras kita,” ucapnya.

Jamaah haji asal Kabupaten Bulukumba meninggalkan Asrama Haji Sudiang mengunakan bus yang disiapkan Pemda dan PPIHD Bulukumba pada pukul 14.00 wita dan diperkirakan tiba di Masjid Agung Kota Bulukumba sesudah Sholat Isya malam ini juga.

Menurut Informasi dari Kasi PHU Kemenag Bulukumba, A Mapparola, saat ini Masjid Agung Bulukumba sudah dibanjiri lautan masyarakat, utamanya keluarga jamaah haji.

Sementara 49 orang jamaah haji asal Kota Makassar langsung dijemput masing-masing keluarganya di Asrama Haji Sudiang.

Dengan kedatangan Kloter 7 ini, maka jumlah jemaah haji yang sudah tiba di Debarkasi Haji Makassar sebanyak 3.177 orang, dengan rincian 1.072 pria dan 2.105 wanita.

Laporan:
Mawardy Siradj
Pelaksana Subbag Infirmasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel
dari Asrama Haji Sudiang Makassar