Tekan Biaya Operasional, Mahasiswa Unhas Bimbing Nelayan Pinrang Gunakan Tenaga Surya

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Pengenalan Teknologi Tenaga Surya dari
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin
Pengenalan Teknologi Tenaga Surya dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin

Online24, Pinrang – Sedikitnya 15 warga pesisir yang umumnya berprofesi sebagai nelayan dan  bermukim di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang diberi pelatihan Pengenalan Teknologi Tenaga Surya dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin, Selasa (12/9/2017).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Desa Tasiwalie, Kecamatan Suppa dan melibatkan Tim Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik Unhas. Dalam pelatihan itu, tim membimbing dan memperkenalkan penggunaan teknologi sistem photovoltaik (tenaga surya) kepada masyarakat nelayan dan petani tambak yang ada di Suppa.

Dengan pelatihan ini, masyarakat Suppa khususnya nelayan wilayah pesisir bisa menghemat biaya operasional. Listrik tenaga surya ini bisa digunakan pada tambak, bagan dan dermaga.

Selain itu juga ramah lingkungan dengan pengurangan penggunaan bahan bakar minyak.

Kepala Desa Tasiwalie, Abd. Rahman, menyambut baik kegiatan yang dilakukan mahasiswa Unhas ini.

“Tenaga surya ini bisa mengurangi biaya operasional para nelayan, sehingga produktivitas meningkat dan lebih efesien,” katanya.

Ketua Tim pelaksanaan kegiatan yang juga merupakan salah seorang dosen pada Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Ir. Hj. Syerly Klara, menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang mendapatkan pembiayaan dari LPPM UNHAS tahun ini.

“Kami berharap setelah kegiatan ini, penggunaan teknologi tenaga surya pada masyarakat khususnya di Kecamatan Suppa dapat meningkat,” tandasnya.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam pelatihan ini yakni penjelasan tentang komponen-komponen, prinsip dan cara sistem photovoltaik yang dilanjutkan dengan pemasangan
dan penggunaan sistem yang sudah dirakit untuk menyalakan lampu yang digunakan menerangi tambak warga.