Barcelona Bungkam Juventus di Camp Nou

Editor : Endhy

Messi mencoba melewati kawalan para pemain Juventus. Cetak dua gol,Messi berhasil antar Barcelona pecundangi Juventus di Camp Nou, Rabu (13/9/2017)/goal.com
Messi mencoba melewati kawalan para pemain Juventus. Cetak dua gol,Messi berhasil antar Barcelona pecundangi Juventus di Camp Nou, Rabu (13/9/2017)/goal.com

Online24 – Seakan membalas dendam mereka yang telah disingkirkan Juventus di perempat final musim lalu, kini Barcelona sukses bungkam Juventus di Camp Nou, Rabu (13/9/2017) dini hari, dengan skor meyakinkan 3-0.

Jalani laga perdana di Liga Champions musim ini kedua tim sama-sama menapat laga ini dengan bekal tren positif. Sejak awal kedua tim menyuguhkan permainan menarik. Namun Barcelona tercatat lebih banyak memegang penguasaan bola ketimbang Juventus.

Hanya saja, meski lebih dominan dalam menguasai bola, pasukan Ernesto Valverde tak begitu efektif dalam menyerang. Justru Juventus yang lebih mengancam gawang tuan rumah melalui dua tembakan ke gawang dalam periode 15 menit pertama.

Menit ke-20, Barcelona punya kans terbuka untuk bisa unggul setelah adanya pelanggaran Blaise Matuidi pada Andres Iniesta. Eksekusi tendangan bebas Lionel Messi sedikit di luar kotak penalti membentur pagar hidup dan bola sambaran Luis Suarez secara cemerlang ditepis Gianluigi Buffon.

Momentum permainan Juventus mulai terganggu dengan cedera yang dialami Mattia De Sciglio, Stefano Sturaro masuk mengisi posisi bek kanan yang bukan favoritnya. Hal itu dimanfaatkan Barcelona utuk bisa membuka keunggulan beberapa saat sebelum turun minum berkat sepakan mendatar Messi setelah umpan satu dua dengan Suarez.

Aksi positif Messi setelah membobol gawang Buffon untuk pertama kali dalam kariernya berlanjut di awal babak kedua dan hampir menggandakan keunggulan apabila tembakannya dari luar kotak penalti tak digagalkan tiang gawang. Bola sempat membentur tubuh Buffon, namun beruntung bagi Juventus karena kemudian meninggalkan lapangan.

Dominasi tekanan yang terus dilancarkan Barcelona membuat pertahanan Juventus semakin goyah dan kembali bobol pada menit ke-56. Berawal dari pergerakan Messi, umpan silangnya menciptakan kemelut dan bisa dihalau Andrea Barzagli, tapi bola liar yang dieksekusi Ivan Rakitic bersarang ke gawang Juventus.

Organisasi permainan Juventus semakin kacau setelah tertinggal dua gol dan alih-alih bangkit mengejar skor, justru mereka kembali kecolongan melalui aksi individu Messi pada menit ke-69 setelah tembakan kaki kirinya yang meneruskan umpan Iniesta membuat Buffon terpaku.

Barcelona sempat menambah pundi golnya melalui Suarez, namun golnya dianulir setelah posisi Jordi Alba sebagai pengumpan terperangkap off-side. Dalam sepuluh menit akhir, Juventus terus mencari gol konsolasi, termasuk memainkan penyerang muda Fabrizio Caligara, tapi hasilnya nihil.