Kandang PSM Makassar Paling ‘Angker’ di Liga 1 Indonesia

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Salah satu sudut Stadion Mattoangin Gelora Andi Mattalatta.
Salah satu sudut Stadion Mattoangin Gelora Andi Mattalatta.

Online24, Makassar – Kemenangan telak atas tamunya PS TNI dengan skor 4-1, Minggu (10/9/2017) lalu, tidak hanya mengantarkan PSM naik satu strip ke posisi tiga klasemen Liga 1 Indonesia. Tapi juga menjaga kesan ‘angker‘ Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, markas tim Juku Eja.

The Army julukan PS TNI, melengkapi 10 tim yang sudah menjadi korban stadion berkapasitas 15.000 penonton ini. Hingga pekan ke 23, dari 11 tim yang melawat ke Mattoanging, hanya Barito Putera yang berhasil pulang dengan membawa satu angka.

Selain Mattoanging, ada empat stadion lain yang juga belum berhasil ditaklukkan oleh tamunya di Liga 1. Yakni Gelora Bandung Lautan Api (GLBA) dan Si Jalak Harupat kandang Persib Bandung, Mandala Persipura Jayapura, serta markas Madura United Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan dan Gelora Bangkalan.

Meski sama-sama mencatatkan rekor tak pernah ditumbangkan di kandang, catatan tiga tim lain di markasnya itu tidak lebih baik dari PSM. Seperti Madura, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrap itu, sudah tiga kali meraih hasil seri dari 13 laga. Hasil itu sama dengan catatan Persipura di kandangnya.

Sementara Persib Bandung mendapatkan hasil seri lebih banyak, yakni empat pertandingan dari 12 laga yang digelar di stadion GLBA dan Jalak Harupat. Dari catatan itu, tim kebanggaan masyarakat Sulsel jelas mendapatkan hasil yang lebih baik dan nyaris sempurna.

Pelatih kepala PSM Robert Alberts menegaskan, catatan baik di kandang ini harus terus berlanjut di enam sisa laga kandang. Terlebih, syarat tim tertua di Sulsel untuk bisa merengkuh gelar juara tahun ini memang harus menyapuh bersih semua laga kandang. Jika tidak, langkah Hamkah Hamzah dkk akan cukup berat.

“Jika semua pemain fit, kita harus meneruskan kemenangan di kandang ini hingga dua laga paling sulit di akhir kompetisi (Bali United dan Madura United),” kata pelatih kepala PSM Robert Alberts.

Enam laga kandang PSM yang tersisa yakni Persegres Gresik, Semen Padang, Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Bali United, dan Madura.