SYL: Miliki PLTB Terbesar di Indonesia, Sidrap Jadi Ikon Baru

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap akan menjadi pembangkit listrik tenaga angin terbesar di Indonesia, dengan kapasitas 70 megawatt (MW). Proyek PLTB terbesar di Indonesia dan merupakan sumber energi terbarukan ini, menjadi perhatian pemerintah karena dapat menyumbang tenaga listrik yang cukup besar.

Untuk melihat proses pembangunan, Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan ke lokasi PLTB tersebut, Rabu (13/9/2017).

“Ini proyeks besar dan ada di Sidrap. Ini sebuah kebanggaan besar bagi kita sebagai warga Sulsel dan Sidrap. Ini ikon baru,” ujar Syahrul sebelum bertolak ke Sidrap menggunakan Helikopter tersebut di Rujab Gubernur Sulsel.

Turut mendampingi SYL, Kepala Dinas Perindustrian Ahmadi Akil, Kepala PSDA Darmawan Bintang, dan Kepala Biro Humas Devo Kaddafi.

Menurut mantan Bupati Gowa dua periode ini, PLTB ini adalah ikon baru Sulsel bahkan menjadi ikon Indonesia. Ini membuktikan bahwa Sulsel dan khususnya Sidrap, memiliki keberpihakan untuk kepentingan masyarakatnya. Eksistensi PLTB ini, akan memberikan dampak besar bagi pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat di Sulsel dan Sidrap pada khususnya.

Saat kunjungan ini, Syahrul akan didampingi Bupati Sidrap H Rusdi Masse (RMS) dan sejumlah jajaran Pemkan Sidrap.

Project Engineering Manager PT UPC Sidrap Dadan Suhendar mengatakan, saat ini sedang progress pembangunan dan loading material termasuk turbing PLTB. Mobilisasi alat dan material PLTB tersebut, dilakukan lewat laut dan darat dari Parepare menuju Kabupaten Sidrap.

Untuk pengangkutan tower PLTB berkisar di atas 90 meter, haru dilakukan dengan mobil gandeng yang menggunakan roda 80 buah. Itupun harus dimobilisasi darat pada waktu malam, agar tidak menimbulkan dampak kemacetan yang luar biasa di jalan poros Makassar Sidrap.