PLTB Sidrap Ini Akan Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
PLTB Sidrap Ini Akan Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal
PLTB Sidrap Ini Akan Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Online24, Sidrap – Bupati Sidrap H Rusdi Masse menilai, kehadiran PLTB Sidrap nantinya akan membawa dampak keuntungan yang besar terhadap masyarakat Sidrap.

Selain akan menjadi ikon wisata baru, keberadaan PLTB ini membuka peluang usaha baru untuk peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

“Apalagi dari awal saat pembangunan PLTB ini direncanakan, saya sudah wanti-wanti dan ini menjadi syarat, agar tenaga kerja yang digunakan itu harus dari Sidrap. Nanti ketika tidak ada yang bisa dari Sidrap baru bisa ambil dari daerah lain,” jelas Rusdi Masse, saat menemani Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meninjau pembangunan PLTB tersebut, Rabu (13/9/2017).

Selain itu, tenaga kerja yang ada juga diharuskan tinggal di Sidrap.”Kenapa mereka harus tinggal karena saya ingin ada sumber ekonomi baru bagi masyarakat. Soal tenaga kerja, saat ini saya liat ada beberapa dari luar karena memang mereka ahli. Dan tidak ada sumber daya yang sama di Sidrap,” ungkapnya.

Rusdi Masse sendiri berharap, agar pembangunan PLTB Sidrap tersebut bisa segera rampung dan bisa dinikmati oleh masyarakat Sulsel terutama masyarakat di Bumi Nene Mallomo itu.

PLTB Sidrap ini, akan menelan investasi total 150 juta USD atau sekitar Rp 2 triliun, dan dibangun di atas lahan seluas 1 hektar yang menjadi lokasi pembangunan tower baling-baling.

Diketahui, pembangunan pembangkit listrik ramah lingkungan itu melibatkan perusahaan asal Amerika Serikat, UPC Renewables, dengan melibatkan perusahan lokal PT Binatek Energi Terbarukan.

Perusahaan tersebut juga mengaku punya komitmen membangun sumber energi ramah lingkungan di seluruh Indonesia, dengan memanfaatkan energi terbarukan tanpa menggunakan anggaran atau subsidi dari pemerintah.