Pemkab Ekspose Persiapan Pelepasan Varietas Unggul Lokal Sinjai

Reporter :
Editor : Lucky

Ekspose persiapan pelepasan varietas unggul lokal Sinjai
Ekspose persiapan pelepasan varietas unggul lokal Sinjai

Online24, Sinjai – Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar ekspose persiapan pelepasan varietas unggul lokal Sinjai (beras merah spesifik lokasi Sinjai Barat) yang bertempat di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Rabu (13/9/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut rombongan Balai Pengembangan dan Sertifikasi Benih Maros, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sinjai, Kepala OPD, Para Camat, Kepala Desa se- Kecamatan Sinjai Barat, Koordinator Penyuluh, Mantri Tani, Tokoh Adat, Ketua Kelompok Tani Palangkaya, Ketua Kelompok Tani Dempolengja, dan Ketua Kelompok Tani Sipatuo Sipatokkong.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Akmal MS, yang membacakan sambutan Bupati Sinjai menyampaikan salah satu upaya untuk mencapai sasaran swasembada pangan dalam rangka ketahanan pangan nasional ditempuh dengan jalan peningkatan produksi. Carana dengan kegiatan pengelolaan benih unggul yang diyakini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan kita.

“Padi varietas lokal ini telah ditanam secara turun-temurun oleh petani di Kecamatan Sinjai Barat tanpa menggunakan pupuk anorganik dan pestisida kimia sehingga termasuk padi organik,” ungkapnya.

Akmal menjelaskan bahwa keunggulan dari padi lokal Sinjai ini memiliki aroma yang khas, nasi pulen, kadar protein tinggi, serat tinggi dan rendah kadar glukosa sehingga cocok untuk kesehatan dan juga cocok untuk bahan baku industri makanan balita.

Lanjut Akmal mengatakan expose dalam rangka persiapan pelepasan Varietas Unggul Lokal Sinjai ini dianggap penting, karena merupakan salah satu upaya dari pemerintah daerah Kabupaten Sinjai dalam upaya perwujudan dan pemantapan otonomi daerah dalam hal pengembangan potensi unggul yang kita miliki.

“Saya mengharapkan para kelompok tani yang nantinya akan menggunakan varietas unggul lokal dalam hal beras merah yang berlokasi di Kecamatan Sinjai Barat betul-betul dapat mengembangkan varietas ini bukan hanya Kecamatan Sinjai Barat, tetapi akan dikembangkan dan dikenal diseluruh masyarakat luas di Indonesia,” harapnya.(*)