Tim Sergap Mabes TNI AD Harap Pemkab Dapat Lahirkan Petani Berdasi

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Tim Sergap Mabes TNI dan awak media di Speed Coffe, kota Pangkajene,Rabu (13/09/2017).
Tim Sergap Mabes TNI dan awak media di Speed Coffe, kota Pangkajene,Rabu (13/09/2017).

Online24, Sidrap – Tim Sergap dari Mabes TNI Angkatan Darat, melakukan kunjungan ke Kabupaten Sidrap untuk memastikan target serapan gabah petani di wilayah Kodim 1420 Sidrap.

Tim Sergap yang datang itu yakni Kolonel Bambang dan Kolonel Rahman. Sebelumnya mereka juga melakukan pemantauan di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Barat. Ditemui disela-sela persiapan kunjungan, Kolonel Bambang menyampaikan tujuan tim Sergap Mabes TNI AD ke sejumlah daerah di Sulbar dan Sulsel, tujuan utamanya yakni untuk menjaga ketahanan pangan yang sama artinya dengan ketahanan bangsa.

“Ketahanan pangan itu penting, karena itu harapan kami, pemerintah daerah di masing-masing wilayah seyogyanya memikirkan regenerasi petani, sehingga diharapkan kedepan muncul petani berdasi,” katanya.

Kolonel Bambang mengaku prihatin jika generasi muda saat ini enggan bertani, karena itu ia berharap pemerintah daerah terus mendorong anak-anak muda agar menyukai dunia pertanian.

“Mulai moderen , jadi anak muda diharapkan dapat tertarik untuk bertani karena tidak perlu harus kotor-kotoran, karena itu peran dinas pertanian daerah diperlukan untuk terus mensosialisasikan kepada anak-anak muda tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, dalam rangka untuk mendukung ketahanan pangan itu, alangkah baiknya kata dia pemerintah daerah menciptakan lahan pertanian baru, dalam rangka mengantisipasi menyusutnya lahan karena alih fungsi lahan.

“Jadi seyogyanya pemerintah daerah dapat mencetak sawah sendiri di lahan pemerintah dan dikelola pemerintah, itu untuk mengantisipasi alih fungsi lahan tadi, keuntungannya banyak, bisa meningkatkan PAD dan membuka peluang kerja,” katanya lagi.

“Lahan persawahan itu bisa di kelola secara moderen bahkan tidak perlu lagi memakai pematang, dan pengelolaannya bisa dikerjasamakan dengan TNI, dan TNI siap untuk itu, karena itu demi ketahanan pangan kita,” tandasnya.