Napoli Tak Berdaya di Kandang Shakhtar Donetsk

Editor : Endhy

SERGEI SUPINSKY        (Photo credit should read SERGEI SUPINSKY/AFP/Getty Images)
SERGEI SUPINSKY (Photo credit should read SERGEI SUPINSKY/AFP/Getty Images)

Online24 – Napoli gagal meraih kemenangan saat membuka kampanye Liga Champions musim ini setelah dipaksa menelan kekalahan 2-1 saat berkunjung ke markas Shakhtar Donetsk, Kamis (14/9) dini hari WIB.

Raksasa Serie A Italia tersebut sebenarnya lebih banyak menguasai bola, namun efektivitas serangan yang lemah membuat segalanya tak berjalan dengan baik. Sementara skema Shakhtar yang mengandalkan serangan balik berjalan bagus.

Menit ke-15, Shakhtar membuka keunggulan yang diawali dengan organisasi serangan teratur. Gelandang asal Brasil, Taison sukses memperdaya Pepe Reina dengan sebuah tembakan yang melesat mulus ke gawang Napoli.

Skema permainan rapi yang ditunjukkan tuan rumah pun mampu membuat Napoli kesulitan untuk mencari celah di barisan pertahanan mereka. Babak pertama pun diakhiri dengan keunggulan Shakhtar.

Memasuki paruh kedua, pasukan Maurizio Sarri gencar meningkatkan intensitas serangan. Namun yang terjadi justru mereka kembali kecolongan. Menit ke-58, Facundo Ferreyra berada dalam posisi terbuka setelah menerima umpan Taras Stepanenko dan kemudian berhasil menaklukkan gawang Reina.

Usaha keras Napoli untuk mengejar ketertinggalan datang pada menit ke-72. Kesalahan Stepanenko yang mengawal pergerakan Dries Mertens membuahkan penalti bagi Napoli dan eksekusi yang dilakukan Arek Milik sukses membobol gawang Andriy Pyatov.

Momentum positif tersebut berusaha dilanjutkan Napoli dengan mencari gol penyeimbang dan berupaya membalikkan keadaan. Hanya saja, Shakhtar mampu meredam agresivitas mereka dan berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga selesai.