Zulkifli Kembali Diparkir Kontra Sriwijaya FC, Kebijakan Rotasi PSM Dipertanyakan

Reporter :
Editor : Lucky
Zulkifli Syukur
Zulkifli Syukur

Online24, Makassar – Bek kanan PSM, Zulkifli Syukur kembali akan dicadangkan alias diparkir saat timnya melakoni laga tandang kontra Sriwijaya FC pada pekan ke-24 Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (17/9/2017) nanti.

Hal ini terlihat pada beberapa sesi latihan terakhir tim Juku Eja. Posisi Zulkifli di tim inti kembali digeser juru taktik PSM, Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda itu lebih mempercayakan pemain muda Wasyiat Hasbullah mengisi pos bek kanan skuat utama, seperti kala melumat PS TNI 4-1 pekan lalu.

Padahal, di 20 laga sebelumnya, Zulkifli selalu menjadi starter dan tampil konsisten. Sebelum mulai terpinggirkan saat timnya menjamu The Army julukan PS TNI, pemegang nomor punggung 33 ini hanya absen dua kali. Itu pun terjadi karena ia harus menjalani sanksi akumulasi kartu.

Saat dikonfirmasi, Robert membantah jika ada faktor non teknis yang membuatnya memilih memarkir Zulkifli. “Tidak ada. Saya hanya ingin melakukan rotasi agar semua pemain terpacu di sisa laga Liga 1,” katanya beberapa waktu lalu.

Indikasi menurunya performa Zulkifli pun menimbulkan berbagai spekulasi. Apalagi saat pemain berusia 33 itu tampil di bawah performa kala PSM ditahan imbang mantan timnya, Arema FC dengan skor 3-3 pada pekan ke-22.

Salah satunya diungkapkan oleh eks pemain PSM era 80-an Faisal Maricar. “Ada apa dengan Zulkifli tidak dimainkan sebagai melawan PS TNI? Tidak mungkin alasan rotasi, sementara PSM butuh tim terbaiknya di sisa laga,” katanya saat ditemui di Jalan Mappanyukki, Kamis (14/9/2017).

Lanjutnya, rotasi yang dilakukan Robert sebaiknya tidak menjadi boomerang bagi tim. Terlebih situasi saat ini, PSM sedang butuh kemenangan untuk terus bersaing di papan atas karena liga tinggal menyisakan 11 laga.

“Kemarin Robert selalu mengeluh ketika pemain pilarnya absen. Tapi saat pemain pilarnya itu bisa diturunkan, malah di cadangkan. Kita tidak tahu apa kualitas menurun atau bagaimana,” tutur Faisal.

Kebijakan rotasi pemain ini sendiri mulai diterapkan pada dua laga terakhir, yakni saat melawan PS TNI dan Arema FC. Di Arema, Robert mencadangkan Reva Adi Utama dan M Rahmat yang sebelumnya rajin mengisi skuat inti. Sementara di kandang menjamu PS TNI, Zulkifli diparkir.(*)