Seorang Pria di Parepare Terserang Tumor Payudara

Reporter :
Editor : Lucky

Online24, Parepare – Jika biasanya tumor atau kanker payudara menyerang wanita, namun untuk pria juga patut berhati-hati. Pasalnya tumor payudara ternyata juga menyerang pria.

Seperti yang dialami L (70), warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Ia terserang tumor payudara. Saat ini telah menjalani Operasi di RSUD Kota Parepare.

“Tumor Payudara saat ini tidak hanya menyerang kaum perempuan, namun ternyata juga menyerang pria. Buktinya warga Lumpue ini. Dja terpaksa menjalani operasi pengangkatan tumor payudara,” jelas dokter bedah rumah sakit Andi Makkasau, dr Mahyuddin Rasyid SpB, usai melakukan operasi, Kamis (14/9/2017).

Menurut Mahyuddin, L terkena tumor sebesar buah mangga yang melekat di dadanya. Mahyuddin yang juga ketua Komite Medik RSUD Andi Makkasau itu mengatakan bahwa kasus yang terjadi pada L ini sangat langka dan baru kali ini terjadi di Kota Parepare.

“Kasus seperti ini sangat jarang terjadi dan biasanya berpotensi ganas. Sehingga tindakan pembedahan merupakan pilihan utama. Penyebab munculnya kasus seperti ini bisa karena kelebihan hormon estrogen yang merupakan hormon yang dominan pada wanita,” ujar Mahyuddin.

Mahyuddin melanjutkan, penyakit ini juga bisa terjadi karena faktor paparan radiasi. Penanganan yang cepat dan komperehensif dibutuhkan untuk mencega penyebaran sel tumor.

“Kami menganjurkan agar masyarakat menghindari makanan yang mengandung zat kimia, pengawet, dan pewarna yang kurang aman dan bisa mencetuskan tumor atau bahkan kanker,” tandasnya.(*)