Krisis Air, Anak SD Disuruh Mengambil Air Yang Jaraknya Jauh

Reporter :
Editor : Lucky

Sumur tempat warga Parepare mengambi air di musim kemarai seperti sekarang ini
Sumur tempat warga Parepare mengambi air di musim kemarai seperti sekarang ini

Online24, Parepare – Memasuki musim kemarau, krisis air terjadi di Bilalange, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Warga pun harus mencari sumber air bersih kebutuhan sehari-hari.

Bukan hanya untuk kebutuhan di rumah, murid SD bahkan diminta mengambir air kebutuhan di sekolah, termasuk untuk toilet sekolah.

Setiap hari, puluhan muridn SDN 76 Bilalange, Kelurahan Lemoe, ini harus mengambil air menggunakan botol plastik di satu-satunya sumur yang ada di Bilalange. Jaraknya terbilang jauh, hampir satu kilometer.

“Tiap hari kami mengambil air untuk keperluan sekolah. Sumurnya juga jaraknya jauh,” kata Iqram, pelajar murid 4 SDN 76, Bilalange, Kota Parepare, Kamis (14/9/2017).

Sementara Kepala Sekolah SDN 76 Bilalange, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Asriady, mengatakan, krisis air itu terjadi di Bilalange, sejak sebulan terakhir.

“Sebenarnya krisis air terjadi sejak lama. Air PDAM tidak sampai ke rumah dan sekolah kami ini,” beber Asriady.

Asriady mengatakan bahwa bukan hanya urid D saja yang diminta mengambil air pada jam istirahat, “Guru juga diminta membawa air ke sekolah untuk kebutuhan anak-anak di toilet,” ucapnya.