Game Fight of Gods Diblokir Kemenkominfo

Editor : Asri Muhammad
Game Fight of Gods dilarang beredar di Indonesia. (foto : the star online/int)
Game Fight of Gods dilarang beredar di Indonesia. (foto : the star online/int)

Online24, Makassar  – Game kontroversial, Fight of Gods, akhirnya resmi dilarang beredar di Indonesia. Dilansir kompas.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta Steam memblock game tersebut untuk ‘berada’ di Indonesia.

Game Fight of Gods, yang berarti Pertarungan Para Tuhan ini, memang menjadi buah bibir disejumlah negara. Bahkan, Malaysia sudah lebih dulu memblokir peredaran Steam.

Game ini diblokir karena dianggap melecehkan agama, karena dalam pertarungan tersebut menampilkan sejumlah tokoh religius, seperti Zeus, Anubis, Buddha, dan Yesus.

Pihak Kemenkominfo telah mengirimkan surat pemblokiran, agar tidak bisa diakses oleh para gamers di Indonesia.

“Kemarin sudah mengirimkan surat ke publisher game-nya (Steam). Kami meminta agar membuat (Fight of Gods) tidak dapat diakses oleh pengguna di Indonesia,” terang Juru Bicara Kemenkominfo, Noor Iza, seperti dikutip dari KompasTekno, Kamis (14/9/2017).

“Kami beri tenggang waktu 2×24 jam. Tapi kalau sekarang sih sepertinya game itu sudah tidak bisa diakses,” imbuhnya.

Pihak Kemenkominfo khawatir, game ini akan menimbulkan pertikaian bernuansa SARA karena melibatkan simbol agama.

Tak ingin ketinggalan dengan Malaysia dan Indonesia, pemerintah Thailand juga melakukan hal yang sama dengan menarik game itu dari peredaran.

Game Fight of Gods ini, merupakan game yang dibuat pengembang independen PQube, dengan menampilkan pertarungan antar tokoh yang menjadi simbol agama.