Kerja Full Time? Ini Tips Agar Anda Tetap Bisa Liburan

Editor : Endhy

businessnewsdaily.com
businessnewsdaily.com

Online24 – Jadi pegawai kantoran yang terikat jadwal tetap terkadang membuat kita jarang mempunyai waktu dan menikmati liburan di akhir pekan. Apalagi bagi yang memiliki jadwal kerja Senin sampai Sabtu.

Bahkan parahnya lagi, ada beberapa pekerja yang bekerja tanpa henti tujuh hari seminggu, dan baru bisa mengambil liburan setelah beberapa minggu.

Rasa penat dan jenuh tentu sudah amat menyiksa. Tapi untuk pergi berlibur ke luar kota rasanya sulit, mengingat singkatnya hari libur dan macetnya jalanan menuju luar kota tiap akhir pekan.

Nah, bagi kamu yang memiliki jadwal pekerjaan padat dari Senin sampai Sabtu, tips di bawah ini bisa menjadi solusi agar tetap bisa menikmati liburan.

1. Cari rekan yang senasib

Percayalah bahwa kamu tidak sendirian. Pasti banyak rekan senasib yang diperas energi dan mood-nya dari Senin hingga Sabtu. Mereka pun pasti sama mendambakan liburan untuk sejenak bersenang-senang.

Nah, temukanlah rekan senasib itu dan ajak liburan bersama. Kamu akan lebih mudah mengatur waktu karena memiliki jadwal yang sama. Obrolan sepanjang perjalanan pun bisa lebih nyambung. Sambil menggunjingkan atasan misalnya.

2. Ikut rombongan trip

Sekarang sudah banyak jasa trip planner yang mengurus acara liburan. Kamu hanya perlu mendaftar pada penyedia jasa itu dan minta dicarikan rombongan yang memiliki kesamaan jadwal. Atau kamu bisa mengajak banyak teman sehingga dalam satu rombongan itu hanya berisikan kamu dan teman-temanmu.

Dengan menggunakan jasa trip planner, kamu dan rombongan tidak perlu lagi pusing mencari penginapan, memikirkan transportasi dan memilih spot wisata. Biasanya mereka sudah menawarkan paket-paket yang harganya disesuaikan dengan fasilitas yang diterima.

3. Kalkulasikan keperluan liburan dengan bijak

Ini adalah poin terpenting. Mengingat kamu masih harus bekerja sampai Sabtu sore atau malah menjelang malam, dan harus kembali Senin pagi, kalkulasikan liburanmu dengan bijak. Perkirakan jarak tempuh dari dan menuju lokasi liburan agar kamu tidak merasa terburu-buru. Pilihlah tujuan yang dekat dengan tempatmu tinggal atau bekerja. Pasti banyak, kok tempat asyik buat berlibur di sekitarmu.

Kemas juga barang bawaanmu sepraktis mungkin sehingga bisa dibawa ke kantor di Sabtu pagi. Jadi selepas bekerja, kamu tidak perlu lagi pulang ke rumah atau kos hanya untuk mengambil barang. Selain itu pikirkan juga soal kegiatan yang akan kamu lakukan di tempat liburan. Usahakan tidak menguras banyak tenaga karena kamu hanya memiliki waktu 1 x 24 jam saja. Ingat, Senin paginya sudah harus kembali bertempur mengisi pundi-pundi.

4. Bawa baju kerja untuk antisipasi kepulangan yang terlambat

Untuk mengantisipasi keterlambatan jadwal pulang, bawalah pakaian kerja untuk hari Senin. Jadi semisal kamu tidak sempat pulang ke rumah, cukup mandi dan berbenah di kamar mandi kantor dan langsung siap bekerja kembali.

Selamat merencanakan liburan, para pejuang Senin sampai Sabtu!