Coffe Morning Bersama, Cara Bupati Ajak Pengusaha Investasi di Luwu Timur

Editor : Asri Muhammad

Online24, Luwu Timur  – Memanfaatkan akhir pekan, Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler, mengajak sejumlah pelaku usaha ngopi bersam. Tujuannya untuk mendorong keterlibatan para pengusaha agar ikut berinvestasi di Kabupaten Luwu Timur. Pasalnya, masih banyak potensi di daerah ini yang belum diolah dan membutuhkan keterlibatan pihak investor.

Coffe morning yang digagas oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Luwu Timur ini, berlangsung santai dengan mengangkat tema “sinergitas pemerintah dan pelaku usaha dalam mengembangkan potensi daerah”, yang digelar di Dermaga Sorowako, Kecamatan Nuha, Minggu (17/09/2017).

Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler mengatakan, pergerakan ekonomi sangat penting artinya, dan ini harus dimulai dari sektor terkecil seperti UKM. Karena itu, pemerintah daerah terus mendorong pelibatan pihak swasta untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan. Menurut Bupati, keterbatasan anggaran pemerintah bisa diatasi dengan melibatkan pihak swasta atau pelaku usaha.

Husler menjelaskan, penanaman modal dalam negeri dari berbagai bidang usaha proyek sebesar Rp 268.183.589.425. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 129 persen dari data triwulan yang sama tahun 2016. Sementara realisasi penanaman modal asing sediki mengalami penurunan sebesar $ 15.785.600 atau sekitar 66,67 persen.  Dengan melihat realisasi ini, pemerintah optimis target realisasi penanaman modal yang tertuang di RPJMD tahun 2017 sebesar 425 Milyar dapat tercapai.

“Saat ini sudah ada beberapa pihak yang memasukkan rencana investasi. Ini harus kita dukung dengan kemudahan regulasi dan kenyamanan berinvestasi,” katanya.

Plt Kepala DPMPTSP, Andi Habil Unru mengatakan, peningkatan investasi daerah merupakan salah satu misi yang difokuskan pemerintah, untuk mewujudkan iklim usaha yang menarik dan kondusif.

Makanya, kata Habil, pertemuan bisnis ini dilakukan untuk mendorong keterlibatan pengusaha agar ikut berinvestasi di Luwu Timur. Pihak menjamin akan memberikan kemudahan dalam berinvestasi baik.

Temu bisnis ini juga dihadiri Anggota DPRD, Iwan Usman dan Kepala OPD. Sementara pihak pengusaha yang hadir diantaranya Kadin, Hipmi, Asosiasi Pengusaha Sorowako dari empat wilayah pemberdayaan dan pihak perbankan.

Kegiatan temu bisnis ini, diakhiri dengan dialog bersama membahas potensi bisnis yang bisa dikerjasamakan termasuk kendala yang dihadapi.