Google Doodle Hari ini: Samuel Johnson, Penulis Kamus Bahasa Inggris

Editor : Lucky

Google Doodle, Samuel Johnson
Google Doodle, Samuel Johnson

Online24, Makassar – Google merayakan ulang tahun Samuel Johnson yang ke-308 hari ini, Senin (18/9/2017), dengan menjadikannya Google Doodle. Siapakah dia sehingga mesin pencari Google memilihnya sebagai Doodle hari ini?

Samuel Johnson merupakan penulis ternama asal Inggris. Dia lahir 18 September 1709 dan meninggal 13 Desember 1784.

Dia penulis kamus bahasa Inggris yang paling komprehensif di tahun 1750. Johnson sangat terkenal sebagai penyair, esais, moralis, kritikus sastra, editor, biografer, dan leksikografer.

Karyanya “A Dictionary of the English Language” atau kamus bahasa Inggris diterbitkan pada tahun 1755. Ia menghabiskan waktu sembilan tahun mengerjakan kamus itu dari targetnya 3 tahun.

Karyanya ini berpengaruh besar terhadap perkembangan bahasa Inggris modern dan digambarkan sebagai “karya tunggal terbesar yang pernah diterbitkan”. Karyanya ini dinilai sebagai kamus bahasa Inggris yang paling unggul dan tetap menjadi kamus bahasa Inggris utama sebelum diterbitkannya Oxford English Dictionary pada tahun 1928, 150 tahun kemudian.

Penghargaan Google terhadap Samuel Johnson terbilang ironis. Bagaimana tidak, Google sebagai mesin pencari “bertanggung jawab” atas penurunan penjualan kamus (versi buku). Apalagi, Google juga memiliki “kamus bahsa digital” yang tentu makin memudahkan masyarakat jaman sekarang.

Menjelang akhir hidupnya, Johnson menghasilkan karya besar dan berpengaruh, yaitu Lives of the Most Eminent English Poets, sebuah koleksi biografi penyair-penyair pada abad ke-17 dan 18.(*)