Dinkes Pinrang Perketat Pengawasan Apotek

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Kadinkes Pinrang, Drg Dhya puspita dewi (tengah), saat melakukan Razia di apotek, Senin (18/09/2017).
Kadinkes Pinrang, Drg Dhya puspita dewi (tengah), saat melakukan Razia di apotek, Senin (18/09/2017).

Online24,Pinrang-Petugas Dinas Kesehatan  Di pimpin langsung kepala Dinas kesehatan Drg Dhya puspita dewi dan beberapa apoteker mendatangi sejumlah apotek yang ada di Kota Pinrang, Senin 18/09/2017.

Razia dilakukan sebagai langkah pengawasan dan pengecekan terhadap maraknya penjualan obat terlarang jenis PCC yang belakangan beredar luas di masyarakat dan hingga memakan korban.

Obat berbahaya yang biasa disebut mumbul atau pil koplo jenis somadril dan tramadol ini seharusnya dipergunakan bagi pasien usai menjalani operasi.

“Kami ingin memastikan dan juga melakukan pencegahan terkait beredarnya obat-obatan yang berdosis keras yang kini marak diperbincangkan, maka kami melakukan pengawasan terhadap apotek yang ada dikabupaten Pinrang,” kata Dhya di sela-sela pengecekan.

Dalam razia ini petugas dari dinas kesehatan tidak menemukan obat-obatan yang di maksud, namun pihaknya meminta kepada pemilik apotek agar tidak menjualnya secara ilegal tanpa ada resep dokter.
“upaya ini bertujuan agar warga terhindar dalam pengunaan obat keras, obat palsu atau kedaluwarsa yang dapat berdampak terhadap kesehatan, maka pengawasan apotek harus diperketat” ucap Dhya.