SMP Negeri 1 Pangsid Wakili Sulsel Peragakan Tari Awo Di Tingkat Nasional

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Kadisdibud Sidrap.Nurkanaah Didampingi Kepsek SMPN 1 Pangsid, Saat melihat kesiapan peserta Tari Awo.
Kadisdibud Sidrap.Nurkanaah Didampingi Kepsek SMPN 1 Pangsid, Saat melihat kesiapan peserta Tari Awo.

Online24,Sidrap- Tari Awo (Bambu) rancangan Hendra Setiawan S.Pd dan Miftahul Janna SSn berhasil juara 1 kategori kreatifitas Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Sulsel yang diikuti 24 Kabupaten/Kota.

Koreografer Tari Awo, Hendra Setiawan, Senin (18/9/2017) mengatakan, peserta didik SMPN 1 Pangsid berhasil mewakili Sulsel ke tingkat Nasional dalam ajang FLS2N yang akan dilaksanakan di Surabaya 23 hingga 30 ?September mendatang ini.

“Alhamdulillah, peserta didik kami ini mampu mengalahkan lawan-lawannya di FLS2N tingkat Sulsel. Saat ini mereka tengah melakukan persiapan untuk ikut ajang lomba ditingkat Nasional,”ungkap Hendra

Tarian yang dirancang dan diperagakan lima orang peserta didik yang terdiri dari tiga perempuan dan dua laki-laki dengan pakaian khas bugis itu terinsipasi dari tema lomba FLS2N 2017 yakni “Flora dan Fauna”.

“Saya terinpirasi untuk membuat karya tari kreasi baru dengan berdasarkan kearifan lokal dan menghubungkannya dengan Flora dan Fauna,”katanya.

Sebelum memilih konsep garapan tersebut, Lanjut Hendra yang didampingi Miftahul Janna, terlebih dahulu mempelajari buku manusia bugis tentang cerita turunnya dewata dari langit pertama kali melalui mediasi bambu.

Maka dari itu, kata dia,Awo (bambu) menjadi judul garapan tari peserta didik SMPN 1 Pangsid dalam lomba FLS2N tahun ini. Tarian itu, kata dia, menggambarkan tentang bagaimana filosofi bambu, mulai dari tumbuhnya bambu yang dimulai dari akar hingga menjadi pohon bambu yang siap pakai dan difungsikan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, Miftahul Janna menambahkan, sebelum mengikuti pentas di tingkat Provinsi, peserta didik mempelajari tarian tersebut selama tiga bulan. “Ya, anak-anak bisa menguasai tarian ini dikarenakan persiapan dan proses latihannya cukup matang dengan waktu tiga bulan. Ini lagi kita persiapkan untuk ke tingkat Nasional,” ucapnya.

K?epala Disdikbud Sidrap, Nur Kanaah saat melepas tarian tersebut di halaman sekolah SMPN 1 Pangsid  mengaku  ?sangat ?mengapresiasi atas prestasi yang didapatkan oleh peserta didiknya itu.

“Menurut saya, ini luar biasa. Anak-anak cepat mengetahui bahan atau tarian yang baru dia kenal sehingga bisa meraih juara pertama di tingkat Provinsi,”katanya.

?Sementara, Kepala SMPN 1 Pangsid, Muslimin yang juga ?Ketua MKKS tingkat SMP se-Sidrap itu berharap, ?kepada seluruh peserta ?agar mempersiapkan segala sesuatu untuk mengikuti FLS2N tingkat nasional yang akan di ikuti sejumlah provinsi di Indonesia.

“Anak-anak harus betul-betul latihan, khususnya fisik dan mentalnya agar siap saat mengikuti lomba di tingkat Nasional itu nantinya,” pungkasnya.