Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Burau Berbenah Diri

Editor : ifan Ahmad
UPT Puskemas Burau menerima kedatangan Tim Surveyor Akreditasi Pukesmas Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Humas Pemkab Lutim)
UPT Puskemas Burau menerima kedatangan Tim Surveyor Akreditasi Pukesmas Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Humas Pemkab Lutim)

Online24, Lutim Untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan yang maksimal diperlukan sarana penunjang dan komitmen dari pelaksana pelayanan. Untuk itu, UPT Puskemas Burau terus melakukan pembenahan. Salah satunya menerima kedatangan Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI. Tim tersebut berjumlah tiga orang yakni Mutalib,S.Kep, M.Kes, dr.Loisa Mathilda Pongajouw,M.Kes, dr.Alexander Ventje Yacob Turangan. Akreditasi itu berlangsung di Puskesmas Burau, Senin (18/09/2017).

Ketua Tim Akreditasi, Mutalib, mengatakan akreditasi merupakan salah satu mekanisme regulasi, yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014  yang mengamanatkan setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.

Menurutnya akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional Pasal 6 ayat (2). “Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi,” jelasnya.

Kepala Puskesmas Burau, Nuhafisah Hafid S. Keb, mengatakan pada dasarnya tim melakukan pembimbingan dan mengarahkan bagaimana agar pelayanan di tingkat Puskesmas semakin profesional.

“Besar harapan kami semoga hasil yang dicapai nanti sesuai yang diharapkan,” katanya.

Mewakili Bupati Lutim, Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Andrika, mengatakan dengan survey yang dilakukan oleh Tim dari Kementrian Kesehatan RI dapat memberikan motivasi dan perubahan dalam melakukan kegiatan di puskesmas ini.

“Akreditasi ini menjadi momentum yang tepat untuk mewujudkan pelayanan kesehatan sesuai standar. Semoga seluruh masukan tim dapat dijadikan catatan untuk membenahi segala pelayanan di puskesmas ini,” ucapnya.

Penilaian akreditasi yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 18 september – 20 September dilaksanakan pada Puskesmas Burau. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan jadwal penilaian akreditasi, kode etik surveyor dan dilanjutkan dengan proses tanya jawab.

Turut hadir juga dalam acara ini perwakilan Kadis Kesehatan, Camat Burau, Kapolsek Burau, para Kepala Desa seKecamatan Burau dan kepala sekolah dari SD dan SMP seKecamatan Burau. (*)