Timnas Indonesia U-19 Waspadai Perubahan Taktik Thailand

Editor : Andhika BD
Skuat timnas Indonesia U16 di kualifikasi Piala Asia

Online24, Bangkok – Timnas Indonesia U-19 kembali berjumpa Thailand pada partai ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Nasional Rajamangala, Rabu (20/9/2017) besok. Laga ini merupakan pertemuan kedua tim dalam kurung tiga bulan terakhir.

Pada pertemuan pertama di penyisihan Grup A Piala AFF U-15 pada 11 Juli 2017 lalu, Indonesia tunduk 0-1 dari Thailand. Gol kemenangan Thailand pada laga di Chonburi Campus Stadium 1, Chonburi dicetak Suphanut Muenta pada menit ke-73.

Kendati sudah pernah bertemu sekali, pelatih timnas U-19, Fakhri Husaini mewaspadai perubahan permainan yang bakal diterapkan pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia pada laga nanti.

“Kami sudah pernah bermain melawan Thailand saat di piala AFF bulan Juli kemarin, dan saat itu kami hanya kalah 0-1. Kami sangat paham pastinya pelatih mereka bisa saja mengubah permainannya saat nanti melawan kami. Itu wajar, karena pelatih pasti punya beberapa opsi taktik,” ujarnya.

“Yang saya lihat kemarin, saat mereka melawan Kep. Mariana Utara adalah bahwa komposisi pemain mereka tidak banyak berubah. Meski mereka hanya menang 10-0 tetap kami harus waspadai semua pemain dan permainan mereka,” lanjutnya.

Apalagi kata Fakhri, ada beberapa pemain kunci Thailand yang dicadangkan saat meluamat Kepulauan Mariana Utara 10-0. Olehnya itu, ia meminta David Maulana dkk mewaspadai seluruh pemain lawan yang diturunkan.

“Ada pemain mereka yang di simpan kemarin. Kemudian pemain yang mencetak hattrick kemarin juga harus kami waspadai. Tetap pada akhirnya, saya katakan ke pemain, untuk menghargai semua lawan kami di turnamen ini, jangan ada pemain yang sedikit pun meremehkan lawan, itu akan sangat membahayakan permainan tim,” bebernya.

“Saya mohon doa dan dukungan suporter Indonesia di tanah air dan juga yang berada di Thailand. Semoga kami bisa mempersembahkan kemenangan saat melawan Thailand nanti,” tandasnya.

Sejauh ini, timnas U-19 memimpin klasemen sementara Grup G dengan enam poin. Tim Garudia Asia mengawali dua laganya dengan menang telak atas Kep Mariana Utara 18-0 dan menekuk Timor Leste 3-1. Thailand membayangi dengan tiga poin hasil kemenangan atas Kep Mariana Utara 10-0 di laga perdananya.