Kekeringan, Puluhan Hektar Kacang Tanah di Parepare Terancam Gagal Panen

Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare-  Kekeringan di Kota Parepare,Sulawesi Selatan makin meluas, kali ini melanda puluhan  hektar tanaman kacang tanah milik warga, di Akkajengnge, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare,Sulawesi Selatan, terancam gagal panen.

“ Beberapa pekan ini kami mulai kesulitan air untuk menyiram tanaman kacang tanah kami. Tanaman kacang tanah kami sekarang Kondisinya sudah mulai menguning,“ Kata Hamsi, petani kacang Akkajengnge, Rabu (20/9/2017).

Menurut Hamsi, satu satunya harapan para petani adalah waduk yang ada disekitar area lahan, namun waduk pengairan ini kini juga sudah mula mongering.

“yang kami lakukan sekarang membagi air, dan bergantian mengambil air dari pengairan, karena kondisi pengairan juga sudah mulai kekurangan pasokan air, “ Ungkap Hamsi.

Lahan tanaman kacang tanah yang mengalami kondisi terparah yakni lahan milik pak  Dewa. Lantaran lahan miliknya cukup jauh dari saluran irigasi.

“ Lokasi saya cukup jauh dari irigasi, terpaksa saya harus memompa air di sungai kecil yang juga mulai mengering. Pompa air yang saya pinjam dari petani sebelah kampung,“ Aku Pak Dewa.

Kini Petani di Akkajengnge, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare,Sulawesi Selatan ini sangat membutuhkan bantuan berupa mesin pemompa air untuk mengairi,lahan kacang tanah milik warga.