Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Sinjai Jalani Cek Kesehatan

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Pemeriksaan kesehatan bagi jamaah haji Sinjai sepulang dari tanah suci yang digelar Dinas Kesehatan Sinjai.
Pemeriksaan kesehatan bagi jamaah haji Sinjai sepulang dari tanah suci yang digelar Dinas Kesehatan Sinjai.

Online24, Sinjai – Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan jamaah haji setelah tiba di tanah air selama sepekan ini.

Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Kesehatan Sinjai terhadap para jamaah haji digelar di Gedung Sinjai Bersatu, Minggu (24/9/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa, mengatakan kegiatan ini merupakan program Dinas Kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan para jamah haji dalam kurun waktu 14 hari sepulangnya dari tanah suci.

“Sebanyak 235 orang jamaah haji sinjai yang wajib melakukan pemeriksaan kesehatan. Bagi jamaah haji yang belum sempat melakukan pemeriksaan masih ada waktu pada minggu depan atau pun bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas setempat,” ungkap dr. Dedeth, panggilan akrab Kadis Kesehatan Sinjai ini.

Sedangkan menurut Kabid P2P Dinas Kesehatan Sinjai, Akhriani Sattar SKM Mkes, pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi jangan sampai ada jamaah haji yang sepulang dari tanah suci mengalami kelainan atau gangguan kesehatan seperti terjangkit virus.

Sementara menurut salah satu jamah haji Sinjai, H. M Tahir, pemeriksaan kesehatan ini sangat baik dan sangat penting buatnya dan juga bagi para jamaah haji lainnya. “Karena kita bisa mengetahui kondisi kesehatan kita setelah pulang dari tanah suci,” tuturnya.