Berawal Dari Iseng, Pemuda Asal Enrekang Ini Ahirnya Bisa Kuliah S3 Di Taiwan

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir
Mustakim Pabiccangi, Pemuda Asal Enrekang Yang kuliah S3 Di Taiwan
Mustakim Pabiccangi, Pemuda Asal Enrekang Yang kuliah S3 Di Taiwan

Online24,Enrekang- Pemuda asal Desa Kampung, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang ini tidak pernah menyangka bisa menjadi seoarang Mahasiswa di Taiwan. Dia adalah Mustakim Pabiccangi.

Meski Dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang ini pernah bekerja di Vietnam tahun 2010 – 2012 sebagai Tutor bahasa Inggris dan juga guru bahasa Indonesia di Australia tahun 2014 namun ia sama sekali tak pernah terbayang bisa kuliah S3 di Taiwan.

” ini berawal dari kebaikan seorang teman lama saat di Vietnam dulu. Iseng – iseng saya terhubung kembali dengan dia melalui email dan dia bilang dia kerja di Taiwan. Saya sempat bercanda ajak donk ke Taiwan. Dan Langsung dijawabnya You more than Welcome Kim, Dalam hati saya cuma bercanda koq, ngapain juga ke Taiwan,” Cerita Mustakim, Senin (25/09/2017).

Namun lanjutnya apa yang saya fikirkan ternyata jadi kenyataan.Pribahasa bahwa di mana ada kemauan di situ ada jalan, dan itu kuasa Allah.SWT, maka saya memyakini ini adalah ketentuan Allah, Dari pengalaman itu kata Mustakim ipaun ingin memberikan support kepada pemuda Enrekang agar jangan berhenti dan takut bermimpi. ia ingin membangunkan generasi muda yang tidak berani keluar dari zona nyaman, malas bermimpi san tak mau bersusah payah.

” Dunia ini kecil tergantung impian anda  wahai generasi muda?
Iimpian, Mau keluar negeri, punya mobil mewah, rumah mewah, atau apalah. Tidak ada yang tidak mungkin walau kita orang kampung, ayo bermimpi mumpung gratis.”  Kata Alumni S1 UIN Alauddin Makassar dan Pasca UNJ Jakarta ini.

Mustakim mengatakan di kampus tempat dia kuliah S3  ini, baru ada 3 orang dari indonesia yang dia temukan,  selebihnya Eropa, Afrika, dan Negara Asia lainnya.

Kini anak kampung itu akan  menjalani proses Beasiswa belajar di Taiwan, dengan program tahun pertama belajar bahasa Mandarin, setelah itu belajar normal sebagaimana pilihan jurusan. Mustakim Kebetulan lulus di jurusan Budaya/Humaniora universitas KUN SHAN University. Salah satu perhurian tinggi negeri ternama di Taiwan.