Rehab Sekunder Sidenreng B.Si 15 Sidrap dalam Tahap Penyelesaian

Editor : Muhammad Tohir
Saluran Sekunder Sidenreng B.Si 15 yang jebol Desa Tanete, Kecamatan Maritenggae
Saluran Sekunder Sidenreng B.Si 15 yang jebol Desa Tanete, Kecamatan Maritenggae

Online24,Sidrap-Bangunan saluran sekunder Sidenreng B.Si 15, tepatnya di Desa Tanete, Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap yang direhab oleh Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) tingkat Sulawesi Selatan (Sulsel) Bulan Agustus lalu sudah masuk dalam tahap penyelesaian.

Kepala Bidang SDA Sidrap, Yusuf Tamrin mengatakan pelaksanaan proyek rehabilitasi bangunan pelimpah atau penguras air yang dilaksanakan oleh PSDA Sulsel itu, menelan anggaran sebesar Rp1,2 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017.

“Saat ini PSDA Sulsel melalui Tugas Pembantu Operasi dan Pemeliharaan (TPOP) jaringan irigasi telah melakukan rehabilitasi bangunan pelimpah, dan saat ini sudah pada tahap Pemasangan Lantai Lenning,” kata Yusuf, Rabu (25/09/2017).

Yusuf mengaku, bangunan pelimpah B.Si 15 itu jebol pada tahun 2015 lalu, akibatnya, petani di bagian pesisir danau Sidenreng, tidak mendapatkan air dari saluran pembuangan itu.

“Untungnya musim tanam kamarin, petani memakai air hujan sehingga petani tidak sulit untuk mendapatkan air,”ungkapnya.

Jadi kalau musim kemarau, kata dia pihaknya bisa mengupayakan pembangunan saluran sekunder Sidenreng B.Si 15 bisa rampung tahun ini sehingga kedepan sawah petani bisa teraliri air lagi.

” saluran sekunder Sidenreng B.Si 15 itu nantinya mampu mengairi air hingga 2700 hektare di dua Kecamatan yakni Maritenggae dan Watang Sidenreng,”pungkasnya

[fbcomments]