Setelah Makan, Ini Jarak Waktu yang Aman untuk Berolahraga

Editor : Endhy
balisoulmate.com
balisoulmate.com

Online24 – Pernah mengalami sensasi sakit perut saat berolahraga, terkadang bahkan sampai muntah segala. Pemicunya ada berbagai macam, namun salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah karena tidak ada jeda waktu yang cukup antara makan dan berolahraga. Di Jawa sendiri sensasi ini akrab disebut sunduken. Rasanya langsung seolah gak enak badan, padahal olahraga kan tujuannya demi kebugaran.

Sebenarnya kamu bisa menghindari sensasi tidak mengenakkan ini dengan mengatur waktu makan dan olahragamu. Jadi sekarang gak ada alasan untuk gak berolahraga karena habis makan, karena kamu sudah tahu ini lho jeda waktu yang aman untuk berolahraga setelah makan.

Beri jeda waktu 2 sampai 3 jam setelah kamu makan besar sebelum mulai berolahraga ya guys!

Menata waktu makan berpengaruh besar pada hasil olahragamu. Soalnya makan terlalu banyak dan terlalu dekat dengan waktu olah tubuh dapat merusak tujuan dari olahraga itu sendiri. Kapan pun waktu olahragamu; entah itu di pagi, sore, maupun malam hari, kamu harus memberi jeda waktu setidaknya 2 sampai 3 jam setelah makan.

Alasannya, melakukan aktivitas fisik berat dengan perut penuh makanan akan membuatmu merasa lesu dan dapat menyebabkan sakit perut. Kamu tentu tidak ingin kebiasaan olahragamu malah menghalangi proses pencernaan kan?

Jika waktu kamu terakhir kali makan sudah cukup lama, jangan lupa konsumsi makanan ringan sehat 1 jam sebelum berolahraga

Jika jeda antara waktu kamu terakhir makan dan berolahraga cukup jauh, kamu disarankan untuk menyantap makanan ringan sehat 1 jam sebelum berolahraga untuk mengisi tenagamu.

Pilihlah makanan ringan sehat yang terdiri dari kombinasi antara karbohidrat dan sedikit proten di bawah 200 kalori. Misalnya beberapa keping biskuit oat, atau beberapa butir kurma dan almond, atau protein bar (cokelat berenergi).

Bahkan ketika kamu olahraga di pagi hari pun, perut gak boleh kosong! Konsumsi sarapan ringan sehat untuk bahan bakar tubuhmu

Jika kamu ingin berolahraga di pagi hari, ingatlah bahwa tidak baik berolahraga dengan perut kosong. Bahkan tepat setelah bangun pagi sekalipun. Mungkin awalnya terkesan sulit untuk langsung mengisi perut ketika kamu baru saja bangun. Namun, sangatlah penting untuk memberi tubuh bahan bakar buat berolahraga dengan gizi yang tepat. Kamu bisa mengkonsumsi roti panggang dengan selai kacang, greek yogurt yang dipadukan dengan granola dan buah-buahan potong, atau smoothie pisang.

Sekarang kamu sudah tahu kan waktu yang tepat untuk berolahraga setelah makan? Jangan sampai kamu mengalami sensasi gak nyaman lagi ya saat berolahraga. Makanan dan olahraga merupakan komponen yang saling berkaitan, kamu gak bisa mengabaikan salah satu diantaranya untuk bisa mendapatkan tubuh ideal dan sehat. Selamat mencoba!

Artikel SebelumnyaConte Ingin Kembali ke Italia
Artikel SelanjutnyaPSG Bergantung Pada Neymar