Keberadaan Alex Dipertanyakan, Polda Sulsel Rencana Kirim Alex ke Kejati Hari Ini

Editor : Lucky
Tersangka Alexander, pemilik gudang obat daftar G, saat diamankan beberapa waktu lalu
Tersangka Alexander, pemilik gudang obat daftar G, saat diamankan beberapa waktu lalu

Online24, Makassar – Penyidik Ditresnarkoba Polda Sulsel rencananya baru akan melimpahkan berkas Alexander Suria alias Alex (56), pemilik gudang obat ‘G’ di Makassar, ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel hari ini, Selasa (26/9/2017).

“Saya sudah tanya penyidik, ternyata belum dilimpahkan, dan tersangka akan kita serahkan ke kejaksaan hari ini,” kata Direktur Ditresnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan, saat dikonfirmasi via telepon seluler.

Sebelumnya, keberadaan Alex dipertanyakan. Karena pihak Polda Sulsel mengaku jika sudah melakukan tahap dua (menyerahkan barang bukti dan tersangka), tiga hari pasca merampungkan berkas kasus tersebut (P21).

Namun, pernyataan berbeda diuraikan Kejaksaan Tinggi Sulselmelalui kasipenkum, Salahuddin. Salahuddin menyebut Kejaksaan baru menerima P21 tapi belum menerima tersangka maupun barang bukti.

“Kami belum terima tahap dua terkait Alex, kita baru tahap P21 (pemberitahuan hasil penyidikan sudah lengkap),” ujar Salahuddin, Senin (25/9/2017) kemarin.

Diberitakan sebelumnya, Alex dibekuk Timsus Polres Gowa saat dilakukan penggerebekan gudang penyimpanan obat ‘G’ disalah satu ruko di Jalan Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Senin (17/7/2017) lalu.

Alex terbukti melanggar Pasal 197 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan dijerat hukuman 10 tahun penjara.

Diketahui, Alex juga ditengarai sebagai pemasok daftar obat ‘G’ terbesar di Sulawesi Selatan. Pasalnya, bisnis haram yang digeluti Alex sudah berlangsung sejak setahun lamanya dan sudah meraup keuntungan sebesar Rp 700 juta karena sudah berhasil menjual ratusan ribu butir obat ‘G’.(*)

[fbcomments]