Mahasiswa FKG Unhas Juarai Writing Competition Beswan Jarum

Reporter :
Editor : Lucky

Online24, Makassar – Prestasi membanggakan diraih oleh Putri Khairunnisa, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas. Pasalnya Khairunnisa, menenangkan Writing Competition tingkat regional yang diselenggarakan oleh Djarum Foundation di Surabaya, Kamis-Jumat (21-22/9/17).

Putri Khairunnisa yang merupakan penerima Beasiswa Plus Djarum Foundation tahun 2016/2017 atau Beswan Djarum 32 ini memenangkan kompetisi dalam bidang keilmiahan yaitu membuat esai berupa gagasan dengan tema “Masa depan Ke Indonesiaan”.

Mahasiswa angkatan 2014 ini menang dalam kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan mengirimkan dan mempresentasikan gagasan tentang inovasi kedokteran gigi dalam mengatasi tingginya angka kejadian kerusakan gigi khususnya gigi berlubang.

Gagasan ini diharapkan dapat mewujudkan target dari Kementerian Kesehatan RI yang bebas gigi berlubang tahun 2030.

Saat dihubungi online24jam.com, Khairunnisa, mengatakan bahwa setiap tahunnya ada kompetisi yang diselenggarakan Djarum Foundation untuk semua Beswan. Di tahun ini yaitu Writing Competition 2016/2017 yang terbuka untuk seluruh 525  Beswan 32.

Ini merupakan kompetisi dalam bidang keilmiahan yaitu membuat esai berupa gagasan tertulis yang mengangkat tema “Masa Depan Ke-Indonesia-an”.

Setiap Beswan hanya dapat mengirimkan maksimal 1 esai ilmiah/gagasan dalam kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau kategori Sosial, Budaya, dan Humaniora.

“Saya adalah Pemenang Regional sehingga akan mewakili regional Surabaya (Jawa Timur+ Indonesia Timur) ke tingkat Nasional dari Writing Competition Beswan Djarum 2016/2017, yang akan dilaksanakan nanti tanggal 4-5 Oktober 2017,” ujarnya, Selasa (26/9/2017).

“Semoga di tingkat nasional nanti bisa memberikan yang terbaik demi perwujudan masa depan ke Indonesiaan yang lebih baik,” harapnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKG Unhas, Nurlindah Hamrun, yang menyampaikan kabar ini pertama kali menyatakan kebanggaannya. “Mahasiswa sekarang kita dorong untuk berprestasi, baik di kampus maupun di luar kampus,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Writing Competition tingkat regional diadakan di 4 daerah yaitu Regional Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Untuk Makassar sebagai salah satu daerah di Indonesia Timur masuk di regional Surabaya. Seleksi tingkat regional Surabaya dilakukan 2 hari yaitu pada tanggal 21-22 September 2017 di Regional Sales Offices, Kantor Djarum Surabaya. Setiap peserta presentasi selama 15 menit lalu sesi tanya jawab selama 15 menit.

Untuk ahap seleksi Writing Competition ini dimulai dari Seleksi abstrak,  seleksi FullPaper, Kompetisi tingkat Regional, dan terakhir Kompetisi tingkat Nasional. Seluruh tahap seleksi menggunakan sistem gugur.(*)