Bupati Lutim Hadiri Puncak TTG Nasional di Parigi Moutong Bersama Kepala Daerah SeIndonesia

Editor : ifan Ahmad
Bupati Lutim, Thorig Husler, menyempatkan diri mengunjungi sejumlah stand yang ada di puncak acara Gelar Tepat Teknologi (TTG) ke-19 di yang dipusatkan di Pantai Kayu Bura Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong,  Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/09/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)
Bupati Lutim, Thorig Husler, menyempatkan diri mengunjungi sejumlah stand yang ada di puncak acara Gelar Tepat Teknologi (TTG) ke-19 di yang dipusatkan di Pantai Kayu Bura Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/09/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)

Online24, Parigi Moutong – Bupati Luwu Timur, Thorig Husler didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Puspawati Husler bersama Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, menghadiri puncak acara Gelar Tepat Teknologi (TTG) ke-19 di yang dipusatkan di Pantai Kayu Bura Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/09/2017).

Selain itu hadir pula Kadis Komunikasi dan Informatika Andi Murphy, Kasatpol PP dan Damkar Indra Fauzy dan Kepala Bidang Pengembangan SDA dan SDM Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur, Umar Hasan Dalle, yang berangkat lebih awal guna menyiapkan stand pameran yang menampilkan produk dan hasil karya TTG dari Kabupaten Luwu Timur.

Gelar TTG tingkat Nasional yang sekaligus dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba inovasi TTG dan Pelayanan Posyantek berprestasi tingkat Nasional serta Penyerahan Bantuan Peralatan TTG dibuka Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT),  Eko Putro Sandjojo.

Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia menghadiri puncak acara Gelar Tepat Teknologi (TTG) ke-19 di yang dipusatkan di Pantai Kayu Bura Pelawa, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/09/2017). (Foto: Humas Pemkab Lutim)

Keikutsertaan Kabupaten Luwu Timur pada gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional 2017 ini sebagai upaya untuk meningkatkan kreatifitas daerah untuk melakukan inovasi, guna meningkatkan produktivitas.

“Melalui TTG tingkat Nasional ini juga sekaligus ajang untuk bertukar informasi dan pengetahuan, sehingga ada pengalaman yang bisa dibawa pulang untuk mendorong kreatifitas kelompok masyarakat di Kabupaten Luwu Timur,” ungkap Husler.

“Dari kegiatan ini kita juga bisa belajar ke daerah lain yang sudah maju dalam penggunaan Teknologi Tepat Guna,” sambungnya.

Pada dasarnya, kata orang nomor satu di daerah yang dijuluki Bumi Batara Guru ini, kegiatan pelaksanaan TTG untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam mengeluarkan ide-ide mereka khususnya dalam bidang teknologi.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus mendorong partisipasi masyarakat untuk menciptakan temuan-temuan baru dalam guna memanfaatkan sumber daya alam untuk dapat diolah dan dimanfaatkan.

Pada pelaksanaan TTG tingkat Nasional yang bertema “Dengan Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Pembangunan Desa” Kabupaten Luwu Timur yang dimotori Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menampilkan inovasi hasil temuan masyarakat yakni Biogas Mini dan Gasrok, temuan Alat Biogas Mini berfungsi memanfaatkan kotoran ternak diolah menjadi bahan pengganti gas sementara Gasrok merupakan alat penyiang padi yang dimodifikasi dengan mesin babat yang berfungsi mengangkat akar akar padi.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyempatkan diri mengunjungi sejumlah stand yang ada di lokasi kegiatan. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26-30 September 2017 juga dirangkai beberapa kegiatan terkait lainnya diantaranya Lokakarya dan rakornis PPMD tanggal 28 September 2017 di Kota Palu dan Widyawisata Teknologi tanggal 29 September 2017 ke Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. (*)