PIP Makassar Gandeng Lembaga Kursus Britania Dongkrak Kemampuan Bahasa Asing Taruna

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar memberi perhatian khusus kepada kemampuan komunikasi bagi para calon pelautnya. Khususnya kemampuan berbahasa asing.

Demi menghasilkan keluaran andal dalam komunikasi bahasa asing, PIP Makassar yang digadang-gadang menjadi kampus maritim terbesar se-Asia Tenggara ini menggandeng Lembaga Kursus Bahasa Asing, Britania.

PIP-Britania mengukuhkan kerja sama ini di Kampus II PIP Makassar, Salodong, Rabu (27/9/2017). MoU kedua belah pihak diteken Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Irwan, bersama Direktur Lembaga Pendidikan Britania, Saharuddin Pata.

Kerja sama ini diharapkan mendorong lahirnya para pelaut andal dan berwawasan internasional. Salah satu kebutuhan utama menjadi pelaut berdaya saing kuat di kancah internasional adalah kemampuan berkomunikasi yang baik.

“Kalau skil pelaut, Insya Allah jebolan PIP tidak akan kalah dengan pelaut negara manapun. Makanya, sisa kendala komunikasi dan bahasa saat berlayar di luar itu yang perlu dibenahi, dipersiapkan dengan baik. Kami berharap Britania bisa mengisi kekosongan itu,” kata Irwan.

Apalagi, sambung Irwan, status pelaut Indonesia yang berlayar di luar itu sebenarnya duta-duta bangsa. “Baik buruknya image pelaut Indonesia di mata internasional ada di pundak mereka. Banyak ditentukan oleh kinerja mereka,” sambungnya.

Direktur Britania, Saharuddin, menjelaskan, kerja sama ini mencakup  Pelatihan Bahasa Inggris untuk Maritim dan Character Building. Para taruna, Taruni, dan Pasis akan menerima pelatihan bahasa Inggris maritim dalam waktu singkat.

Di setiap English Super Camp, Britania akan membekali mereka percakapan tugas dan tanggung jawab di kapal, serta teknik interview di perusahaan pelayaran. Nilai tambahnya karena Britania juga menyisipkan pembentukan karakter yang siap bersaing di dunia pelayaran internasional.

“Masa kerja sama akan berlangsung lima tahun,” tegasnya.(*)