Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melambat, Fatahillah: Faktor Musim Kemarauan yang Berkepanjangan

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Salam komando Wakil Bupati Sinjai bersama Kepala BPS Sinjai pada peringatan Hari Statistik Nasional.
Salam komando Wakil Bupati Sinjai bersama Kepala BPS Sinjai pada peringatan Hari Statistik Nasional.

Online24, Sinjai – Perkembangan ataupun pertumbuhan ekonomi dan produk domestik regional bruto di Kabupaten Sinjai pada tahun 2016 mengalami penurunan atau melambat.

Hal tersebut tidak dipungkiri oleh pihak badan pusat statistik Kabupaten Sinjai, dan ditegaskan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai, Dr Fatahillah Asba, saat diwawancarai di kegiatan ramah tamah peringatan Hari Statistik Nasional, Selasa 26 September pekan lalu.

Fatahillah mengatakan, bahwa yang menyebakan sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sinjai mengalami penurunan, khususnya masyarakat di tingkat kecamatan dan pedesaan, dikarenakan terjadi musim kemarau yang berkepanjangan yang berdampak besar khususnya di sektor pertanian.

“Selaian disektor pertanian juga terjadi penurunan pada produk domestik regional bruto yang disebabkan melambatnya dana rutin yang masuk di APBD daerah,” ungkapnya.

Dengan situasi seperti ini, Fatahillah menambahkan bahwa dampaknya akan berpengaruh pada masyarakat kita yang ekonominya berada di kelas menengah kebawa.

“Kondisi seperti ini berdampak pada ekonomi mikro di sinjai yang dikuasai oleh klangan kelas menengah keatas,” ujarnya.

Fatahillah berharap regulasi pemerintah daerah dalam penyusunan rencana kerja kedepannya, sebagai upaya agar potensi ekonomi kita bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat khususnya dikalangan menengah kebawah.

“Kita harapkan pemerintah daerah melakukan evaluasi disektor kerja padat karya yang regulasinya lebih menyentuh langsung ke masyarakat. Ini juga sangat berpengaruh pada sektor perbankan,” terangnya.