Bupati Enrekang Dorong Anak Petani Tidak Jadi Petani

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir
Bupati Enrekang Muslimin Bando saat menghadiri acara syukuran panen bawang merah di Dusun Sipate, Desa Pekalobean Kecamatan Anggeraja.
Bupati Enrekang Muslimin Bando saat menghadiri acara syukuran panen bawang merah di Dusun Sipate, Desa Pekalobean Kecamatan Anggeraja.

Online24,Enrekang- Bupati Enrekang H. Muslimin Bando khawatir semakin hari lahan pertanian semakin sempit. Salah satu faktor penyebabnya adalah penduduk semakin banyak dan lahan pertanian disulap menjadi perumahan.

Untuk itu Bupati mencoba membuka wawasan berfikir para petani agar tetap mengutamakan pendidikan anak – anak mereka.Hal tersebut disampaikan Bupati pada saat menghadiri acara syukuran panen bawang merah di Dusun Sipate, Desa Pekalobean Kecamatan Anggeraja.Minggu (01/10/2017).

” Kita harus tetap memberikan pendidikan kepada anak – anak kita, karena jika dihitung – hitung lahan semakin berkurang dan anak semakin bertambah, kalau anak kita  hanya jadi petani ada masanya lahan habis, tapi kalau anak di sekolahkan kemungkinan mereka akan berhasil dan tidak berkebun lagi tapi mungkin saja bisa jadi pejabat”. Kata Bupati.

Meskipun Enrekang adalah daerah yang sangat potensi untuk bertani, namun Bupati khawatir jika satu masa kebun dan sawah semakin sempit. Wajar jika mantan Kepala sekolah SMA Muhammadiyah ini meminta agar petani tetap prioritaskan pendidikan kepada akan – anak mereka.

Selain itu Bupati juga memberi penjelasan tentang anjloknya harga jual bawang merah kepada para petani bawang.

” Harga jual bawang merah turun karena banyaknya daerah di Indonesia yang panen bawang, sementara permintaan bawang  tetap. Sebaliknya harga bawang mahal disebabkan kurangnya bawang dan permintaan banyak” Kata Bupati.

Intinya Bupati ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat petani agar pandai melihat kondisi pasar.

“Jika produksi satu macam komoditi banjir seharusnya petani di Enrekang tudak ikut – ikutan menanam komoditi yang sama  agar tidak merasakan kerugian akibat turunnya harga dipasaran,”Tandasnya.