Puskesmas Madising Parepare Ajak Masyarakat Cek Kesehatan Sejak Dini

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Puskesmas Madising Na Mario, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare turut melaksanakan program prioritas  G1000G, berupa  Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) yang serentak dilaksanakan 1000 titik di Indonesia.
Puskesmas Madising Na Mario, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare turut melaksanakan program prioritas G1000G, berupa Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) yang serentak dilaksanakan 1000 titik di Indonesia.

Online24, Parepare – Peringati Hari Jadi Sulawesi Selatan yang ke-348 tahun, Puskesmas Madising Na Mario, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare turut melaksanakan program prioritas Gubernur G1000G, berupa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang serentak dilaksanakan 1000 titik di Indonesia.

Kepala Puskesmas Madising Na Mario, dr Haslinda Kadir, memaparkan beberapa kegiatan yang digelar. “Diantaranya, dilaksanakan cek up kesehatan. Pemeriksaan deteksi dini berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan kolesterol. Senam kebugaran dengan senam prolanis. Pemeriksaan gigi dan mulut. Deteksi dini karies pada anak sekolah. Deteksi dini penyakit kusta dengan tes bercak. Gerakan makan buah lokal,” paparnya, Senin (2/10/2017).

Lanjutnya, program Germas ini merupakan ide dari Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Untuk Wilayah Parepare sendiri dilaksanakan di enam titik yang dipusatkan di Puskesmas Lapadde. “Germas dilakukan di enam titik di Parepare, diantaranya Puskesmas Lompoe, Puskesmas Lumpue, Puskesmas Lakessi, Puskesmas Cempae , Puskesmas Madising Na Mario, dan PuskesmasLapadde,” ujar dr Haslinda.

Terpisah, Ketua Panitia, Idris, mengaku kegiatan ini merupakan instruksi Gubernur. Tujuannya bagaimana memandirikan masyarakat, agar bisa melakukan ceck up sendiri. “Berbagai program yang kita siapkan dalam kegiatan ini, dan kesemuanya memberikan manfaat yang besar bagi peserta. Misalnya saja kita siapkan buah untuk peserta, tujuannya mengedukasi agar konsumsi buah dijadikan kebiasaan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar senam prolanis untuk para lansia. “Sekitar 28 peserta senam prolanis yang turut serta, harapannya agar pola sehat terus diterapkan,” ujarnya.

Sementara, peserta, Nurdiana, mengapresiasi kegiatan Germas tersebut.
“Kita sangat bersyukur, karena melalui kegiatan seperti ini, kita lebih tahu kondisi kesehatan kita setiap saat,” singkat Nurdiana.