Realisai Danau Limboto Jadi Area Strategis Nasional

Editor : Endhy

Danau Limboto/kemendagri.go.id
Danau Limboto/kemendagri.go.id

Online24 – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menyampaikan bahwa Rencana Peraturan Daerah (Raperda) tentang kawasan strategi di danau limboto telah resmi menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Raperda ini tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi (RTR-KSP) tepatnya di danau Limboto, diresmikan dalam Rapat Paripurna Istimewa Tingkat II,” ujar Rusli, dikutip dari situs Kemendagri.

Nantinya, Perda tersebut akan digunakan untuk menyelamatkan danau Limboto. Dengan mempercepat proses revitalisasi. Kemudian, danau akan masuk dalam daftar 15 proyek danau stategis nasional.

“Danau Limboto harus diperjelas statusnya agar realisasi perda ini tidak mendapat permasalahan lahan lagi,” kata Rusli.

Secara resmi, Rusli mengatakan, ia telah membuat surat kepada kanwil Pertahanan Nasional terkait dua hal penting. Pertama meninjau para pemilik lahan yang telah memiliki sertifikat.

“Kedua, menyurat kepada BPN untuk tidak mengeluarkan sertifikat tersebut terkait kawasan di Danau Limboto,” ujar dia.

Terkait hal tersebut, Sekdaprov Gorontalo Winarni Monoarfa menemui Deputi Kemaritiman dan SDA Arifin Rudiyanto dan Direktur Lingkungan Hidup Wahyuningsih Darajati di kantor Bappenas RI.

Kedatangan Winarni ke Bappenas untuk mendapatkan dukungan dalam rangka memfasilitasi Gorontalo, termasuk memaparkan program penyelamatan Danau Limboto ke beberapa kementerian.