Disnakin Musnahkan Ratusan Anjing Liar Di Enrekang

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir
Kadis Nakin Kab. Enrekang, Drh. Junwar
Kadis Nakin Kab. Enrekang, Drh. Junwar

Online24,Enrekang-700 anjing liar di Enrekang dimusnahkan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Enrekang. Hal itu di ungkapkan Kadis Nakin Drh. Junwar,  anjing – anjing itu kata dia dibunuh dengan cara diberi racun.Tindakan itu dilakukan karena korban gigitan anjing hingga September 2017 sudah mencapai 120 orang.Selain musnahkan anjing liar, lanjutnya, Disnakin Enrekang juga melakukan vaksinasi sebanyak 1700 anjing peliharaan.

” Hanya saja ada kendala yang dihadapi petugas saat akan melakukan vaksin karena kurangnya partisipasi masyarakat. Pemilik anjing tidak mau menangkap anjingnya, mereka menyuruh petugas kami yang menangkap sendiri” Kata Drh. Junwar.Kamis (05/10/2017).

Menurut Junwar, tingginya kasus gigitan anjing tersebut disebabkan populasi anjing di Enrekang yang sudah mencapai sekitar 6000 ekor.

” kita juga bertetangga dengan Kabupaten Tana Toraja yang populasi anjingnya lebih besar lagi. Anjing – anjing liar itulah yang menyebrang ke Enrekang”.Kata Junwar.

Meski kasus ini terbilang tinggi, namun drh. Junwar mengatakan hingga saat ini belum ada satupun korban gigitan anjing yang terserang rabies.

” Belum ada yang sampai dirawat dirumah sakit apalagi sampai terdereksi terkena rabies”. Tambahnya.

” Kita juga bisa membedakan gigitan anjing gila dan anjing biasa. Jika dia menyerang keatas maka itu sudah dipastikan anjing gila. Tapi kalau dia menggigit dibawah pusar turun itu gigitan anjing biasa” Tutupnya.