Robert Alberts Dukung Langkah 15 Klub Mengancam Mogok Lanjutkan Kompetisi

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Sungguminasa – Pelatih PSM Robert Rene Alberts, mendukung penuh langkah yang diambil 15 klub untuk mengancam mogok melanjutkan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017. Robert menilai, operator Liga 1 tidak menegakkan aspek fairplay FIFA seutuhnya.

“Pertemuan mereka karena liga tidak mengikuti aturan atau regulasi. Saya kira itu bagus,” jelas pelatih asal Belanda ini di Lapangan Futsal Planet Bechkam, Gowa, Kamis (5/10/2017).

Robert menunjukkan salah satu contoh kecil, yang membuat dirinya menyebut Liga 1 tak menegakkan aspek fairplay FIFA adalah aturan laga home dan away. Adalah Perseru yang harus menjalani laga kandang rasa tandang, saat menghadapi Persija Jakarta dan Bali United. 

“Bagaimana aturan liga, pertandingan yang mengadakan home dan away, tapi ada klub yang bermain home dua kali. Dengan contoh ini saja sudah menunjukkan bahwa ketidakadilan terjadi di Liga 1. Ini bukan fairplaynya FIFA. Tapi ini unfairplay FIFA,” tegasnya.

Diketahui, 15 klub terkecuali Persib Bandung, Bali United, dan PS TNI, mengancaman mogok  dikarenakan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator dinilai tak pernah mendengarkan aspirasi peserta dan seakan tertutup soal tata kelola Liga 1. 

Para klub yang mengatasnamakan 15 Forum Klub Sepak Bola Profesional ini, meminta PT LIB memberi penjelasan terkait 15 tuntutan mereka terkait aspek kompetisi, di antaranya bisnis, legal, dan teknis.

Mereka memberi tenggat waktu dua pekan terhitung sejak Rabu (4/10/2017) kemarin, kepada PT LIB untuk memberi jawaban. Jika tidak, maka 15 klub termasuk PSM Makassar sepakat akan mogok melanjutkan kompetisi.