Warga Sipodeceng Perkenalkan Perangkat Jentik Ke Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir
Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sidrap, Hj.Fatmawati Rusdi bersama Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional, Tinjau Desa Sipodeceng Sidrap
Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sidrap, Hj.Fatmawati Rusdi bersama Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional, Tinjau Desa Sipodeceng Sidrap

Online24,Sidrap- Warga Sipodeceng, Kecamatan Baranti, Kabupaten Sidrap memperkenalkan perangkat jentik (larva trap) ke Tim Verifikasi Kabupaten sehat Tingkat Nasional saat berkunjungan ke Pokja Sipodeceng Lokus Lorong Larva Trap,Kamis (05/10/2017).

Teknologi perangkat jentik (larva trap) inj untuk menekan angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidrap, dr Andi Irwansyah, mengatakan inovasi terbaru yang diterapkan di Sidrap ini, diklaim Irwansyah merupakan daerah yang pertama di Indonesia.

“Teknologi larva trap dibuat dalam rangka memutus mata rantai penularan DBD melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus, sehingga tidak lagi menjadi masalah kesehatan,” katanya.

Menurutnya, teknologi larva trap yang sederhana dan mudah dibuat dengan manfaat yang lebih besar itu adalah perangkat untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

Selain itu kata dia, teknologi tepat guna itu, untuk mencegah tersebarnya virus DBD. Sebab, virus DBD tidak hanya tersebar melalui orang yang sudah terjangkit, namun karena nyamuk aedes aegipty yang menyebarkan virusnya.

ā€œTeknologi larva trap berfungsi untuk menjebak jentik-jentik nyamuk agar tidak tumbuh dan berkembang, cara ini jauh lebih optimal ketimbang membunuh nyamuk dewasa dengan fogging. Bahannya terbuat dari botol minuman bekas,”pungkasnya