Dua Pemain Asing PSM Kursus Bahasa Indonesia, Ini yang Dipelajari

Reporter :
Editor : Lucky

Pemain asing PSM, Steven Paulle, Wiljan Pluim, dan Marc Anthony Klok
Pemain asing PSM, Steven Paulle, Wiljan Pluim, dan Marc Anthony Klok

Online24, Makassar – Komunikasi menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam sepakbola. Setiap pemain tentu butuh berkomunikasi agar bisa saling memahami ketika bermain di lapangan.

Bagi dua pemain asing PSM, Marc Anthony Klok dan Steven Paulle, hal ini juga menjadi perhatian mereka. Itu karena keduanya terbilang baru mengawali karirnya di Indonesia, sehingga terkendala dalam bahasa, terutama Bahasa Indonesia.

Sebelum memutuskan bergabung ke tim Juku Eja, Marc Klok berkarir di beberapa klub di negara di Eropa. Seperti di negaranya sendiri, Belanda serta Skotlandia hingga Inggris. Begitupun dengan koleganya, Steven Paulle yang pernah membela dua klub di negara asalnya Prancis, Dundee FC dan Cannes.

Oleh karena itu, Marc Klok dan Steven Paulle memanfaatkan waktu senggangnya dengan giat belajar Bahasa Indonesia.

Seperti yang nampak pada Instastory Marc Klok, Kamis (5/10/2017) sore. Dua pemain ini terlihat sedang bersantai di sebuah cafe di Kota Makassar sambil belajar bahasa yang dipandu penerjemah PSM, Roy.

Namun, ternyata bukan hanya kata-kata yang berkaitan dengan si kulit bundar yang mereka pelajari. Bahasa percakapan sehari-hari pun mereka timba dari sang mentor. Seperti yang diucapkan Klok, “Saya pergi nongkrong di cafe.”(*)