Ini Tanda Smartphone Anda Dibobol Hacker

Editor : Endhy
blogdoiphone.com
blogdoiphone.com

Online24 – Kejahatan yang menimpa masyarakat belakangan ini sangat marak terjadi. Tidak tanggung-tanggung, korbannya pun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun juga kerap dimasuki pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Kejahatan di dunia maya atau cyber crime merupakan tindak kejahatan kekinian yang perlu ditindak secara serius oleh seluruh pihak.

Tersadap, data hilang, bahkan data dicuri tentunya hal yang tidak ingin kamu rasakan di era digital seperti sekarang ini. Apalagi, pesatnya perkembangan smartphone juga memicu berkembangnya para peretas atau hacker. Hal tersebut tentu akan membahayakan para pengguna smartphone seperti kamu. Berikut ini 9 tanda aneh yang muncul pada smartphone yang bisa jadi indikasi awal dari smartphone terkena hack.

  1. Smartphone terasa lebih lambat dari biasanya

Salah satu cara hacker dalam melakukan aksinya biasanya menyebarkan malware pada smartphone yang disasarnya. Malware ini kemudian bekerja dalam background sistem yang akan merusak aplikasi-aplikasi dan perangkat lunak lainnya pada smartphone kamu. Sehingga yang terjadi ialah lag atau lemot ketika sedang dioperasikan.

Namun, penting untuk disadari bahwa pembaruan pada sistem operasi juga terkadang menyebabkan perangkat mengalami penurunan kinerja. Jadi jangan panik terlebih dahulu karena lemot juga bisa imbas dari pembaharuan sistem operasi. Atau bisa juga memang ponsel pintarmu yang memiliki terlalu banyak aplikasi.

  1. Menerima SMS atau telfon aneh dari yang tidak dikenal

Sebenarnya ini merupakan modus lama yang sudah banyak diketahui orang namun tetap saja modus ini masih sering dilakukan. Bahkan sekarang bisa jadi justru smartphone kamu yang mengirimkan SMS tanpa dioperasikan sebelumnya. Sebaiknya hal berbahaya tersebut cepat dihindari sebelum terlanjur. Salah satu caranya adalah bisa dengan menghubungi pihak operator selulermu.

  1. Baterai lebih cepat habis atau panas dari biasanya

Penurunan daya baterai yang signifikan pada smartphone merupakan hal yang wajar jika kita memakainya secara berlebihan. Namun hal tersebut menjadi aneh jika tidak ada satupun aplikasi yang dipakai. Bisa jadi hacker memasang aplikasi tertentu sehingga smartphone-mu menjadi cepat lowbat. Meski demikian, ada kemungkinan juga karena kondisi baterai yang sudah mulai menurun.

  1. Tampilan website yang berbeda dari sebelumnya

Hal ini biasa terjadi terutama buatmu yang sering berselancar di internet dan membuka website tertentu. Tidak semua website baik, beberapa diantaranya bahkan bisa menyimpan perangkat yang berbahaya. Jika dirasa ponsel pintarmu mengalami sesuatu yang aneh pada saat membuka website tertentu bisa jadi itu pertanda hacker yang menyerang melalui jaringan internet.

Baca Juga : Internet Anda Lemot! Instal Software Ini

  1. Beberapa aplikasi berhenti secara tiba-tiba

Jika kamu sedang membuka suatu aplikasi namun berhenti secara tiba-tiba kamu patut waspada. Itu bisa jadi merupakan tanda proxy atau malware lainnya yang menyerang aplikasimu. Cobalah untuk menghapus dahulu aplikasi tersebut, karena bisa jadi aplikasi itu hanya belum pernah diupdate sebelumnya.

  1. Penggunaan misterius dari kuota dan pulsa secara berlebihan

Jika merasa data atau pulsa berkurang secara mencurigakan, terutama jika hal tersebut itu terjadi tepat setelah beberapa peristiwa mencurigakan, kamu patut waspada. Bisa jadi merupakan pertanda bahwa malware mentransmisikan data dari perangkatmu ke pihak lain yang tidak dikenal. Cobalah untuk menanyakan dan mendiskusikan hal itu kepada operator terkait agar tidak menjadi masalah lebih besar ke depannya.

  1. Pop-up mencurigakan pada layar smartphone

Beberapa aplikasi menerapkan Pop-up sebagai iklan bagi aplikasinya. Namun hal tersebut akan menjadi aneh ketika Pop-up muncul begitu saja bahkan dengan bahasa asing yang tidak dikenal. Misalnya saja hasil undian hadiah padahal sebelumnya tidak ikut undian dan banyak macamnya. Jika melihat hal tersebut maka disarankan untuk berhati-hati dan jangan langsung percaya pada berita apapun yang ditampilkan.

  1. Smartphone menuju website tertentu tanpa perintah

Jika mengalami hal tersebut kamu harus waspada sekaligus gerak cepat. Langkah pertama yang wajib dilakukan yaitu dengan langsung memblokir website yang kamu tuju. Hal ini bisa jadi cara jitu supaya hacker tak meretas ponselmu.

  1. Gangguan layanan yang tidak biasanya

Hal yang satu ini tergolong lumayan sering terjadi. Tidak dapat melakukan panggilan padahal pulsa dan sinyal mendukung. Bahkan muncul suara aneh selama percakapan telepon. Sama seperti sebelumnya, gangguan tersebut bisa jadi merupakan cara lain hacker untuk mencoba membobol smartphone kamu.

Jadi, tetaplah bijak dalam melakukan setiap aktifitas dalam ponselmu. Ada yang pernah mengalami smarphone-nya diretas? Share ceritanya di kolom komentar ya!