Bandar di Lapas Makasssar Pekerjakan Mahasiswa Sebagai Kurir Ganja

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Tim Elang Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar mengamankan dua oknum mahasiswa yang diduga sebagai pengedar (kurir) ganja, di Jalan Emmy Saelan, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Kamis (5/10/2017) malam.

Keduanya berinisial AID alias Eril (20) dan AAS alias Arwal (21). Mereka adalah mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mereka diamankan berserta barang bukti berupa satu paket ganja seberat 500 gram yang baru diambil dari salah satu jasa pengiriman barang di Makassar.

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Diari Estetika mengatakan, peredaran yang dilakukan keduanya dikendalikan oleh seorang bandar narkoba yang berada di Lapas Klas l Makassar. Sebab, saat diamankan keduanya mengaku akan membawa barang tersebut ke lapas. Meski demikian, Diari belum mau membeberkan identitas bandar tersebut.

“Mereka inikan kurir, jaringan (bandar) ini ada didalam lapas, dia komunikasi lewat telepon. Barangnya dari Aceh dan rencananya akan diedarkan di Kota Makassar, termasuk didalam lapas. Identitasnya sudah kita kantongi,” kata Diari, Jumat (6/10/2017).

Diari menyebutkan, menurut pengakuan tersangka ini kali pertama mereka mengedarkan barang tersebut. Namun, Diari berjanji akan mengusut peredaran ganja tersebut hingga ke bandar terbesarnya.

“Pengakuannya baru kali ini, tapi kita masih akan menyelidikinya,” singkatnya.

Sementara itu, Wakapolrestabes Makassar AKBP Hotman Sirait, mengatakan maraknya mahasiswa bekerja sebagai kurir ganja, lantaran upah menggiurkan yang diterima.

“Ini mungkin disebabkan karena keuntungan, karena besar dan cepat diperoleh sehingga mereka banyak memilih kerja seperti ini, dan pasarnya juga itu rata-rata mahasiswa dan remaja,” jelas Hotman.

Saat ini, kedua tersangka diamankan di Polrestabes Makassar untuk pemeriksaan lebih lanjut.

[fbcomments]