Menteri Yohana Ungkap Peran Pengusaha Wanita Menopang Perekonomian RI

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise saat membuka acara Rakernas IWAPI XXVII di Phinisi Ballroom Hotel Clarion Makassar, Jum'at (6/10/2017).
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise saat membuka acara Rakernas IWAPI XXVII di Phinisi Ballroom Hotel Clarion Makassar, Jum'at (6/10/2017).

Online24, Makassar – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Yohana Susana Yembise mengungkapkan, peran penting pengusaha wanita dalam dalam menopang laju perekonomian Indonesia.

Hal ini disampaikan saat dirinya menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Hotel Clarion, Makassar, Jumat (6/10/2017), yang hadiri ribuan pengusaha wanita se-Indonesia.

Pada kesempatan itu, Menteri Yohana mengungkapkan besarnya kontribusi wanita dalam membangun perekonomian terutama dalam hal memberantas pengangguran dan kemiskinan.

“Jadi 123 juta perempuan Indonesia merupakan aset besar untuk membangun perekonomian negara. Yakinlah keterlibatan perempuan bisa membawa perubahan di bidang ekonomi. Perempuan menjadi aset negara potensial dalam memberantas kemiskinan dan pengangguran, sebagaimana keinginan Presiden Jokowi,” ungkap Yohana.

Yohana merujuk pada besarnya partisipasi kaum perempuan dalam UMKM. Dari tahun ke tahun, katanya, jumlah pengusaha wanita di Tanah Air semakin bertambah dan itu mesti dirangsang oleh pemerintah. Olehnya itu, pihaknya siap mendukung dengan berbagai inovasi dan program-program unggulan.

“Langkah konkretnya ya harus membangun kerjasama yang erat dengan kementerian, utamanya yang memiliki program unggulan. Salah satu titik fokus berupa mengakhiri kesenjangan ekonomi bagi kaum perempuan,” ujarnya.

“Kementerian kami siap berkolaborasi dengan IWAPI dalam mendorong industri rumahan yang digerakkan oleh perempuan sampai ke desa-desa,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari, mengatakan pertumbuhan pengusaha perempuan di Indonesia terus digenjot dengan mengembangkan dan memperluas pasar produk-produk pengusaha perempuan.

“IWAPI dalam waktu dekat akan membuka dua kantor cabang sekaligus di Eropa. Guna menjangkau pasar global, kami juga mengedepankan akses pasar melalui e-commerce seperti Blibli, Lazada dan lainnya,” tandasnya.