Geliat Bisnis Burung Puyuh Di Sidrap, Untungnya Cukup Menggiurkan

Editor : Muhammad Tohir

Muhammad Yusuf (pengusaha ternak Burung Puyuh)
Muhammad Yusuf (pengusaha ternak Burung Puyuh)

Online24,Sidrap-Kabupaten sidrap menjadi salah satu kabupaten penyuplai telur di indonesai timur, populasi ternak unggas jenis ayam petelurpun setiap tahunnya terus meningkat, namun ternyata, tidak hanya ayam petelur, populasi burung puyuh dikabupaten sidrap juga mulai meningkat, hal itu ditandai oleh banyaknya pengusaha ternak burung puyuh petelur, salah satunya Muhammad yusuf, Ia sudah Hampir Dua Tahun menggeluti Usaha Telur Puyuh.

“ Burung puyuh itu umur 34 hari sudah mulai belajar bertelur, itu bedanya ayam petelur dengan burung puyuh, kalau ayam 5-6 bulan baru bisa berproduksi bagus, namun kalau burung puyuh tidak demikian, karena di umur 40 hari dia sudah produksi, dia sampai umur 2 bulan 70 persen produksi,” Ujar Yusuf, Sabtu (07/10/2017).

Selain itu Lanjutnya, modal juga minim, per 1000 ekor membutuhkan dana sekitar Rp.14 juta saja, selain itu juga tidak membutuhkan tempat yang luas, Yusuf mencotohkan untuk ternak burung puyuh seribu ekor hanya membutuhkan lahan 6×2 meter saja. Saat ini kata dia, ia kewalahan memenuhi permintaan pasar,  dan dipekirakan dalam waktu 5 bulan modal akan kembali jika harga telur burung puyuh masih dikisaran harga Rp.27000 perraknya.

“untuk saya masih kurang, kadang permintaan banyak tapi produksi telur masih kurang, padahal populasi brurung puyuh dikabupaten sidrap untuk saya saja, dimana bibit yang saya punya dua jenis yakni plester dan peksi, plester dari blitar dan peksi dari jogja jumlahnya 50 ribuan lebih, kalau sulsel 80 ribu, “ katanya.

sementara harga telur puyuh juga mengikuti harga pasar, disidrap budidaya telur puyuh ini sudah sejak 5 tahunan lalu, namun sayangna bibitnya masih bibit yang standarnya kurang baik atau bibit local dengan penetasan sendiri, indukan yang dugunakan bukan farm stoke, dimana jika farm stoke beber yusuf setelah menetas sudah bisa dibedakan mana yang jantan dan mana betina.

“saya penyedia bibit juga selain peternak petelur, selama ini saya mengambi bibit dari pulau jawa, makanya kenapa saya sekarang mencoba merintis bibit burung puyuh farm stoke, Alhamdulillah sudah mulai menunjukkan hasil,”Tandasnya.