Pemuda Enrekang Ini Majukan Desanya Lewat Taman Baca

Editor : Muhammad Tohir

Suardi Abidin, Pengelola Taman Baca di Dusun Data Desa Tokkonan, Enrekang.
Suardi Abidin, Pengelola Taman Baca di Dusun Data Desa Tokkonan, Enrekang.

Online24,Enrekang- Suardi Abidin atau yang akrab disapa Ardi warga desa tokkonan, kabupaten enrekang ini, memiliki cara berbeda dalam membangun desanya,  yakni dengan memajukan anak-anak dan warga desa melalui program membaca, bahkan ia juga telah membuat taman baca disejumlah dusun, ada tiga taman baca yang sudah dibentuk yakniTaman Baca Dusun Data, Taman Baca Dusun Sarong, dan Taman Baca Dusun Tondon,

Tokoh Pemuda yang aktif dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berharap dengan adanya taman baca itu anak-anak dan juga para petani bisa membaca, sehingga diharapkan mereka bisa memperoleh manfaat ilmu dan dapat memperbaiki sumber daya manusia di daeranya.

” Kami juga membentuk komunitas taman baca untuk meningkatkan minat baca masyarakat, harapnnya demi mencerdaskan masyarakat kecil terutama di desa tokkonan,” katanya saat ditemui, Sabtu (07/10/2017).

Untuk pengadaan buku ia berharap berharap bantuan dari pemerintah dan bekerjasama dgn pihak perpustakaan daerah. “kami sudah koordinasi dengan pihak perpustakaan, mereka siap membantu dengan memfasilitasi permohonan ke perpustakaan nasional untuk bantuan bukunya,” Ujarnya.

“buku-buku yang kami pakai saat ini kami peroleh dari para donatur dari warga enrekang dan sekitarnya dan juga dari mahasiswa tokkonan yang ada di Makassar, dan  buku yang disumbangkan itu antara lain, Buku pelajaran SD, Buku pengetahuan dan buku anak,” Tandasnya.(Herul)